Bagikan

Pelaksanaan tes TOEIC: semua yang perlu diketahui

TOEIC (Test Of English for International Communication) adalah tes bahasa Inggris untuk keperluan bisnis yang diciptakan oleh ETS. Ujian itu menilai kemampuan berbahasa para penutur asing (bukan penutur asli) dalam lingkungan profesional berbahasa Inggris. Sekarang, TOEIC merupakan sertifikasi yang diakui secara internasional dan digunakan oleh banyak perekrut. Sejak diciptakan pada tahun 1979, beberapa versi tes telah dikembangkan. Kini, format yang paling umum adalah TOEIC Listening & Reading.

Mulai secara gratis

Agar Anda lulus sertifikasi dengan baik, GlobalExam menyediakan metodologi dan semua informasi tentang pelaksanaan ujian, serta konten yang berkualitas untuk membantu Anda dalam berlatih TOEIC. Memang, terlepas dari tingkat kemampuan berbahasa Anda, pelatihan yang spesifik sangatlah penting jika Anda ingin mencapai skor tertentu. 

Dalam artikel ini, kita akan berbicara secara eksklusif tentang pelaksanaan seksi Listening & Reading yang mengevaluasi pemahaman lisan dan tulisan.

Berapa lamakah berlangsungnya tes TOEIC ?

TOEIC Listening & Reading berlangsung selama dua jam. Tes itu dibagi menjadi dua seksi, yaitu Listening dan Reading. Seksi Listening berlangsung selama 45 menit. Berikutnya, seksi Reading berlangsung selama 75 menit (atau 1 jam 15 menit).

Tidak seperti tes lain, tidak ada batasan waktu per bagian, yang ada ialah batasan waktu per seksi. Jadi, Anda dapat mengatur waktu seperti yang diinginkan dalam menjawab setiap bagian.

Untuk seksi pemahaman tulisan dari tes TOEIC versi baru, Anda bebas mengatur waktu seperti yang diinginkan dalam mengerjakan empat bagian soal.

Presentasi TOEIC Listening & Reading

TOEIC adalah tes yang berbasis kertas. Di awal tes, Anda akan mendapatkan sebuah topik dan lembar jawaban yang harus diisi secara progresif.

Pelaksaaan tes selalu sama, dimulai dengan pemahaman lisan selama 45 menit, lalu dilanjutkan dengan pemahaman tulisan selama 75 menit. Kedua seksi itu selalu diujikan dengan urutan sebagai berikut.

Presentasi TOEIC Listening & Reading

Kemudian, Anda akan menerima sertifikat hasil TOEIC melalui pos.

Seksi Listening

Anda mendengarkan rekaman di dalam ruangan dan pada waktu yang sama seperti semua kandidat lain berdasarkan materi yang terdapat di dalam buku ujian Anda. Anda harus menjawab secara bersamaan pada lembar jawaban Anda. Rekaman audio hanya diputar satu kali.

Seksi itu terdiri atas 100 pertanyaan dan 4 bagian. Setiap bagian sangat berbeda. Anda perlu menghafal apa yang didengar. Dengan demikian, Anda dapat mengantisipasi apa yang mungkin ditanyakan di dalam konten.

  • Pada bagian pertama, Anda harus menjawab 10 pertanyaan, masing-masing berdasarkan foto pada buku ujian Anda.
  • Pada bagian kedua, Anda harus menjawab 30 pertanyaan yang juga tidak tercantum pada buku ujian Anda.
  • Pada bagian ketiga, Anda mendengarkan 10 percakapan dan akan diminta menjawab 3 pertanyaan pilihan ganda untuk setiap percakapan.
  • Pada bagian terakhir, Anda harus memahami 10 monolog yang terdiri atas sekitar sepuluhan kalimat.

Seksi Reading

Setelah seksi sebelumnya berakhir, Anda akan memasuki seksi pemahaman tulisan yang sedikit lebih lama walaupun juga terdiri atas 100 pertanyaan dan 4 bagian. Seksi itu menguji kemampuan Anda dalam membaca dan memahami teks berbahasa Inggris untuk keperluan bisnis.

  • Pada bagian pertama, Anda harus melengkapi sekitar 40 pertanyaan yang beragam tentang tata bahasa dan kosakata.
  • Pada bagian kedua, Anda harus melengkapi 4 teks rumpang.
  • Pada bagian ketiga, Anda harus membaca teks dan menjawab beberapa pertanyaan mengenai teks tersebut. Anda mungkin harus membaca antara 7 dan 10 teks yang masing-masing diikuti oleh 2 sampai dengan 5 pertanyaan. Jumlah seluruh pertanyaan adalah 28.
  • Pada bagian terakhir, Anda diminta untuk membaca dan membandingkan dua teks pendek dengan format yang berbeda. Dengan demikian, Anda mungkin harus membaca kutipan buku dan surat elektronik (e-mail). Anda harus memahami 4 pasang teks dan menjawab 5 pertanyaan mengenai setiap teks.

Topik yang dibahas pada saat tes

Kandidat mungkin akan dihadapkan pada beragam situasi, seperti pertemuan (rendez-vous), laporan, rapat… Pertanyaan tes sering berulang dan beberapa kosakata sangat sering muncul kembali, terutama mengenai topik berikut.

Pelaksanaan tes TOEIC: semua yang perlu diketahui

  • Perusahaan: sumber daya manusia (mempekerjakan karyawan, kontrak, pensiun, pemutusan hubungan kerja), hubungan antarkaryawan, antardepartemen di dalam perusahaan (bagian pembelian, penelitian dan pengembangan, produksi, kontrol kualitas…);
  • Komunikasi dan teknologi (e-mail, rapat, konferensi, komputer,…);
  • Keuangan dan anggaran (investasi, anggaran, pajak, akuntansi, penagihan, …);
  • Transportasi (pengaturan wisata, perjalanan, …);
  • Hiburan (jamuan bisnis, budaya, media,…);
  • Kesehatan (hubungan dengan dokter, asuransi,…).

Jika Anda tidak terbiasa memahami beragam situasi di atas, pelatihan dan persiapan akan membantu Anda mempelajari kosakata yang sesuai dan menguasai ungkapan yang terkait.

Bagaimanakah cara menghitung skor Anda?

TOEIC Listening & Reading maksimum dinilai dengan 990 poin. Setiap seksi maksimum dinilai dengan 495 poin. Jumlah jawaban yang benar dikonversi menjadi skor. Anda perlu menggunakan tabel konversi TOEIC untuk mengubah jumlah jawaban yang benar menjadi skor.

Anda tidak mungkin mendapatkan poin negatif. Jika Anda tidak menjawab atau jika memberikan jawaban yang salah, skor Anda akan menjadi 0. Jawaban yang salah tidak mengakibatkan pengurangan poin dalam pertanyaan pilihan ganda. Ketahuilah bahwa hanya ada satu jawaban yang benar untuk setiap pertanyaan.

Pelatihan bersama GlobalExam

Berkat GlobalExam, Anda bisa mendapatkan skor yang ditargetkan sehingga membuat impian Anda menjadi kenyataan. Platform kami dibuat secara optimal dan dirancang untuk beradaptasi dengan Anda, dengan cara Anda berlatih, dan dengan kecepatan kemajuan Anda.

Kami menawarkan dua mode pelatihan untuk Anda, yaitu :

  • Mode Training (pelatihan), yang memungkinkan Anda melakukan dan mengulang semua latihan satu per satu. Jumlah pertanyaan standar yang tersedia untuk Anda tidak terbatas. Pertanyaan itu diklasifikasi ke dalam tiga tingkatan, sesuai dengan tingkat kesulitan. Anda dapat berlatih secara teratur dalam format yang lebih pendek. Anda dapat menargetkan latihan yang harus dikerjakan. Anda juga memiliki koreksi latihan sehingga Anda dapat belajar dari kesalahan dan meningkatkan kemampuan dengan cepat.
  • Mode Exam (ujian), yang memungkinkan Anda melakukan seluruh simulasi ujian TOEIC, dengan kondisi seperti ujian sebenarnya. Dengan demikian, Anda menguji tingkat kemampuan Anda secara keseluruhan dan Anda dapat melihat secara nyata posisi Anda berdasarkan tujuan yang telah ditargetkan.

GlobalExam juga sebuah blog yang penuh dengan kiat dan saran untuk membantu Anda menghadapi ujian pada hari H. Anda juga dapat mengetahui apakah itu TOEIC, topik yang terkait dengan ujian, atau juga mengenai prosedur pendaftaran.

Selain itu, di GlobalExam, Anda memiliki akses terhadap puluhan lembar praktis, untuk membantu Anda berlatih.

Jangan ragu! Manfaatkan sesi pelatihan gratis di GlobalExam dengan mendaftar hari ini juga!

Artikel lain yang mungkin menarik bagi Anda: