Berapa lamakah berlaku tes tersebut?

TOEFL®, TOEIC®, dan HSK adalah ujian bahasa yang sangat spesifik, masing-masing dengan perbedaan dan kekhasannya walaupun tetap memiliki satu kesamaaan, yaitu masa berlaku!

Karena ketiganya memiliki masa berlaku terbatas, dapatkanlah skor tertinggi dengan pelatihan secara daring di GlobalExam.

Mulai secara gratis

Masa berlaku TOEFL, TOEIC, dan HSK: dua tahun!

Ketiganya adalah ujian kemahiran berbahasa. TOEIC dan TOEFL menguji tingkat kemahiran berbahasa Inggris dan HSK menguji tingkat kemahiran berbahasa Cina. Ketiganya mensertifikasi kemampuan berbahasa Anda pada suatu waktu dalam kondisi tertentu. Pada TOEFL, TOEIC, dan HSK terdapat masa berlaku skor, yaitu dua tahun sejak tanggal pelaksanaan ujian.

Ketiganya menerbitkan sertifikat yang berlaku selama dua tahun, sejak tanggal pelaksaanaan ujian, bukan sejak tanggal penerimaan hasil. Untuk TOEFL, Anda akan mengetahui hasil ujian secara daring sekitar 15 hari setelah ujian, sedangkan untuk TOEIC, 7 hari setelah ujian (tetapi Anda tidak akan mengetahui hasilnya sampai Anda menerimanya melalui surat). Sertifikat memiliki efek retroaktif.

Ujian mengukur kemampuan pemahaman dan ekspresi dalam bahasa yang dipilih.

Mengapa?

Dalam beberapa bulan, tingkat kemahiran berbahasa dapat berubah. Tingkat kemahiran itu dapat bertambah tinggi jika Anda melanjutkan pendidikan di negara berbahasa Inggris, jika Anda bekerja di luar negeri, atau jika Anda meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan berlatih secara mandiri. Tingkat bahasa itu juga dapat menurun, terutama jika Anda tidak lagi memiliki kesempatan untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Kemampuan bahasa Anda dapat berubah secara signifikan bergantung pada cara Anda mempraktikkannya.

Institusi yang menerbitkan ijazah memperkirakan bahwa tingkat kemahiran berbahasa yang Anda miliki dapat berubah dalam waktu dua tahun. Oleh karena itu, mereka menetapkan masa berlaku sertifikat selama dua tahun. Setelah masa berlaku habis, Anda harus melakukan tes ulang untuk mengesahkan kembali keterampilan berbahasa Inggris atau berbahasa Cina, karena kemampuan Anda telah berubah. Dengan demikian, pihak yang membaca skor Anda dapat mengandalkan hasil tersebut karena mereka mengetahui bahwa hasil itu baru dan sesuai dengan kenyataan. Sekolah, institusi, dan perusahaan yang memilih kandidat berdasarkan skor sering mensyaratkan skor yang baru. Jika tidak, maka hal itu tidak masuk akal.

Perbandingan

Jika Anda sedikit bingung, kami akan menjelaskannya untuk Anda. Berikut adalah tabel ringkasan sederhana mengenai masa berlaku tes.

TESMasa berlakuTIPE
TOEFLDua tahunAkademis
TOEICDua tahunProfessional
HSKDua tahunAkademis
IELTSDua tahunAkademis atau Umum
BULATSDua tahunProfessional
CAMBRIDGESeumur hidupAkademis

Ternyata, tidaklah serumit itu. Seperti yang dapat dilihat, kebanyakan tes bahasa hanya berlaku selama dua tahun karena alasan yang telah dijelaskan di atas.

Satu-satunya ujian bahasa yang berlaku seumur hidup adalah tes Cambridge. Kebalikan dari tes lain, yang memberikan sertifikat, tes Cambridge memberikan ijazah yang akan berlaku seumur hidup.

Apakah ide yang buruk mengikuti TOEFL, TOEIC, atau HSK sebelum ada kewajiban untuk itu?

Banyak sekolah atau pemberi kerja meminta Anda untuk mengikuti ujian bahasa. Akan tetapi jika tidak, Anda juga dapat memutuskan sendiri untuk mengikutinya, dan itu ide yang baik karena beragam ujian tersebut adalah aset dalam hidup Anda.

Sayang sekali jika Anda mengikuti ujian “hanya untuk melihat”, mengingat biayanya yang tidak murah. Artikel berikut membahas tentang biaya TOEIC. Jika Anda mengikuti ujian bahasa, lakukanlah dengan serius dan dengan persiapan yang matang.

Mengapa mengikuti ujian bahasa?

Ada banyak alasan mengikuti ujian bahasa, bahkan jika Anda tidak disyaratkan untuk mengikutinya. Pertama-tama adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan Anda. Sulit untuk menilai diri sendiri jika Anda tidak mendapatkan penilaian dari orang lain. Cara itu juga tepat untuk mengukur kemampuan secara objektif dan juga untuk melihat kemajuan atau penurunan tingkat kemampuan Anda.

Mengikuti ujian dengan tujuan tertentu juga merupakan tantangan tersendiri. Persiapan, pelatihan… benar-benar sebuah tantangan yang nyata! Hal itu merupakan latihan yang baik karena selain akan membuat bahasa Inggris Anda berkembang, Anda juga akan menjadi lebih disiplin dan percaya diri. Untuk TOEIC, kami menyarankan agar Anda memulai persiapan dengan simulasi tes TOEIC untuk mengetahui tingkat kemampuan Anda. Kami juga dapat membantu Anda mengetahui prosedur pendaftaran tes TOEIC.

Setelah dua tahun, jangan buang sertifikat Anda!

Setelah batas waktu dua tahun, jangan buang sertifikat Anda, justru sebaliknya. Pertama-tama, beberapa pihak mungkin masih menerima sertifikat Anda, meskipun telah berumur lebih dari dua tahun. Dalam hitungan beberapa bulan saja, tingkat kemampuan Anda tidak selalu berubah secara signifikan, terutama jika Anda terus berlatih berbahasa Inggris. Jika Anda mengikuti tes TOEIC tiga tahun yang lalu, tetapi sejak itu, Anda bekerja dengan menggunakan bahasa Inggris, pemberi kerja dapat tetap mengandalkan sertifikat Anda, meskipun sertifikat itu telah “kedaluwarsa”. Jika Anda terus berada dalam lingkungan berbahasa Inggris sejak tanggal ujian, skor Anda tetap merupakan indikator yang baik untuk perusahaan atau sekolah.

Masa berlaku TOEFL, TOEIC, dan HSK: dua tahun!

Selain itu, langkah yang telah dijalani untuk mengesahkan tingkat kemampuan Anda dapat dianggap positif meskipun tingkat kemampuan itu mungkin telah berevolusi. Hal itu menunjukkan bahwa pada suatu saat di dalam hidup Anda, Anda telah mengikuti tes kemahiran berbahasa, dan untuk itu, Anda telah bekerja keras.

Akhirnya, jika Anda mendapatkan skor yang baik, memberitahukannya pada saat wawancara atau menampilkannya di CV tentu saja menguntungkan dan memberi poin lebih bagi Anda di hadapan lawan bicara. Jangan memasukkannya langsung pada CV karena skor tersebut sudah tidak berlaku lagi dan bisa disalahartikan. Akan tetapi, jika Anda mengatakannya secara lisan, hal itu masih mengesankan dan dilihat sebagai sesuatu yang baik!

Lulus ujian bersama GlobalExam

Solusi kami dibuat seoptimal mungkin untuk menawarkan pelatihan dalam kondisi seperti tes yang sebenarnya, dan membantu Anda meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris atau berbahasa Cina secara daring. Dengan cara yang jauh lebih murah daripada kursus persiapan atau kursus individual, Anda dapat berlatih seakan-akan seperti pada saat ujian dan memanfaatkan koreksi untuk melakukan evaluasi mandiri sebelum mengikuti tes.

Pertama-tama, Anda dapat mengerjakan latihan standar ujian. Tersedia ratusan soal yang semuanya terperinci. Anda dapat berfokus hanya pada satu latihan, misalnya jika Anda mengalami kesulitan tertentu. Anda juga dapat memutuskan untuk melakukan latihan TOEIC selama satu jam pada akhir pekan, atau mengerjakan satu latihan cepat HSK dalam perjalanan pulang ke rumah.

Langkah penting kedua, Anda dapat mengerjakan semua soal ujian dengan kondisi seakan-akan Anda sedang mengerjakan ujian yang sebenarnya! Waktu terus berjalan, Anda tidak bisa berhenti. Anda sendiri di depan layar komputer, langsung secara realtime, Anda mengukur kemampuan dalam menghadapi ujian. Setelah selesai, skor akan tertera di hadapan Anda. Anda dapat mengukur pencapaian sesuai dengan tujuan dan menyesuaikannya dengan pelatihan Anda.

GlobalExam, lebih intensif atau kurang intensif, lebih sulit atau kurang sulit, Andalah yang memilih. Apakah itu untuk ujian TOEIC, TOEFL, atau HSK, kami memberikan semua rahasia persiapan tes sertifikasi itu kepada Anda. Blog GlobalExam penuh dengan kiat dan saran agar latihan Anda lebih efektif atau agar Anda berada di puncak performa pada saat ujian. Tentu saja, kami selalu ada untuk memandu Anda hingga hari ujian resmi sebenarnya!

Artikel lain yang mungkin menarik bagi Anda:

Latihan gratis