Bagikan

Apakah TOEIC?

TOEIC (Test Of English for International Communication) adalah ujian bahasa Inggris terstandar dan diakui secara internasional. TOEIC digunakan untuk menilai kemampuan seseorang, yang bahasa Inggrisnya bukan sebagai bahasa ibu, dalam berkomunikasi di lingkungan profesional yang berbahasa Inggris. Sebagian besar kandidat adalah karyawan perusahaan internasional, orang-orang yang mencari posisi yang lebih baik di pasar tenaga kerja, atau individu yang ingin mengikuti pelatihan internasional. Kandidat dianjurkan untuk mengikuti pelatihan TOEIC sebelum ujian.

TOEIC diakui oleh ribuan lembaga pendidikan tinggi, universitas, dan perusahaan di seluruh dunia.

Mulai secara gratis

Hampir enam juta orang mengikuti tes tersebut setiap tahun.

Terdapat tiga versi TOEIC, yaitu:

  • Tes TOEIC Listening & Reading mengukur kemampuan pemahaman Anda, baik secara tulisan maupun lisan, dalam bahasa Inggris mulai dari tingkat menengah hingga tingkat lanjutan. Tes itu berbentuk pertanyaan pilihan ganda dan berbasis kertas.
  • Tes TOEIC Speaking & Writing mengukur kemampuan Anda untuk mengekspresikan diri, baik secara lisan maupun tulisan, dalam bahasa Inggris mulai dari tingkat menengah hingga tingkat lanjutan. Tes Speaking & Writing berbasis internet.
  • Tes TOEIC Bridge mengukur kemampuan pemahaman tulisan dan lisan, dalam bahasa Inggris mulai dari tingkat dasar hingga tingkat menengah. Tes itu berbentuk pertanyaan pilihan ganda dan berbasis kertas.

Saat ini, bentuk tes yang paling umum adalah TOEIC Listening & Reading.

Berapa lamakah berlangsungnya tes TOEIC?

Pelaksanaan tes TOEIC spesifik: berlangsung selama dua jam dan dibagi menjadi dua seksi, yaitu listening dan reading. Seksi Listening terdiri atas empat bagian dan berlangsung sekitar 45 menit, sedangkan seksi Reading terdiri atas empat bagian dan berlangsung sekitar 75 menit.

Bagaimanakah struktur ujian TOEIC?

Urutan bagian-bagiannya selalu sama. Setiap seksi terdiri atas 4 bagian dan 100 pertanyaan.

Catatan:

  • Hanya ada satu jawaban yang benar untuk setiap pertanyaan.
  • Tidak ada poin negatif atau pengurangan poin.
  • Rekaman audio hanya diputar satu sekali.

Bagaimanakah struktur ujian TOEIC?

Catatan: tidak seperti ujian lainnya, tidak ada batasan waktu untuk setiap bagian TOEIC. Yang ada ialah batasan untuk setiap seksi. Jadi, Anda bebas mengatur waktu untuk mengerjakan setiap bagian sesuai dengan keinginan Anda.

Kesan bebas itu bersifat relatif untuk seksi listening karena Anda harus menjawab pertanyaan berdasarkan rekaman audio yang Anda dengarkan. Jadi, Anda harus mengikuti waktu rekaman audio diperdengarkan dan segera menjawab pertanyaan pada lembar jawaban.

Akan tetapi, untuk seksi reading pada tes TOEIC versi baru, Anda bebas mengatur waktu seperti yang Anda inginkan dalam mengerjakan keempat bagian. Kebebasan itu sekaligus merupakan kesempatan baik, tetapi juga berisiko. Berhati-hatilah untuk tidak terlalu lama mengerjakan soal-soal di bagian awal.

Sistem penilaian dan skor

Setiap seksi terdiri atas seratus pertanyaan. Pada akhirnya, setiap kandidat memperoleh hasil TOEIC dengan skor antara 5 dan 495 untuk setiap seksi. Skor keseluruhan adalah total dari kedua skor yang diperoleh sebelumnya. Dengan demikian, skor terbaik yang dapat diraih adalah 990 dan skor terburuk adalah 10.

Topik yang dibahas

TOEIC menguji kemampuan kandidat dalam memahami bahasa Inggris yang diterapkan dalam dunia bisnis. 

Berikut adalah topik yang sangat sering muncul:

  • Perusahaan: sumber daya manusia (mempekerjakan karyawan, kontrak, pensiun, pemutusan hubungan kerja), hubungan antarkaryawan, antardepartemen di dalam perusahaan (bagian pembelian, penelitian dan pengembangan, produksi, kontrol kualitas…);
  • Komunikasi dan teknologi (surat elektronik/e-mail, rapat, konferensi, komputer,…);
  • Keuangan dan anggaran (investasi, anggaran, pajak, akuntansi, penagihan,…);
  • Transportasi (pengaturan wisata, perjalanan, …);
  • Hiburan (jamuan bisnis, budaya, media,…);
  • Kesehatan (hubungan dengan dokter, asuransi,…).

Lembar jawaban

Kedua ratus jawaban itu harus ditandai di lembar jawaban yang telah disediakan pada awal ujian. Sebuah jawaban dianggap sah jika bulatan pada lembar jawaban dihitamkan sepenuhnya dengan menggunakan pensil (yang juga telah disediakan).

Pelaksanaan TOEIC: di manakah mengikuti ujian TOEIC?

TOEIC adalah ujian internasional yang diakui oleh banyak sekolah, lembaga, dan perusahaan. TOEIC mungkin dilakukan di institusi masing-masing jika sesi ujian resmi diselenggarakan di sana. Jika tidak, Anda dapat mengikuti TOEIC di banyak pusat ujian resmi terakreditasi yang menawarkan penyelenggaraan ujian tersebut. Kunjungilah situs internet resmi ETS dan tentukanlah tempat ujian yang diinginkan. Anda akan menemukan pusat ujian terdekat dari tempat tinggal Anda dan dapat memilih tanggal ujian yang masih tersedia.

Apakah TOEIC?

Mendaftar ujian!

Sejak Anda memilih tanggal untuk mengikuti ujian, jadwalkanlah ujian Anda segera. Bergantung pada tempat tinggal dan periode ujian yang diinginkan, mungkin saja hanya ada beberapa slot waktu yang tersedia. Kami menyarankan agar Anda berjaga-jaga, mendaftarlah jauh-jauh hari, sebaiknya tiga bulan sebelum tanggal ujian.

Cari lokasi ujian dan datang lebih awal pada hari H!

Penting bagi Anda untuk mengenali tempat tes sebelum hari H sehingga Anda dapat mengontrol waktu perjalanan untuk sampai ke sana. Jangan lupa bahwa pada hari ujian, Anda harus tiba tiga puluh menit sebelum tes dimulai. Kandidat yang terlambat akan ditolak mengikuti ujian.

Jangan lupa juga untuk membawa surat panggilan tes dan dokumen identitas yang masih berlaku (dengan foto dan tanda tangan). Namun, Anda tidak perlu membawa pena atau kertas coret-coretan karena akan diberikan di tempat ujian.

Bagaimanakah cara lulus tes TOEIC ?

Untuk mencapai skor yang tinggi, tidak ada rahasia, Anda harus berlatih. Pilihlah GlobalExam, solusi persiapan tes bahasa secara daring dan berlatihlah dengan kondisi seperti ujian sebenarnya. Anda berkesempatan melakukan simulasi ujian, serupa dengan yang digunakan pada ujian TOEIC yang sesungguhnya, serta mendapatkan koreksi dan pemantauan kemajuan proses belajar.

Lembar kosakata dan tata bahasa yang terkait dengan latihan juga tersedia untuk memperbaiki kekurangan Anda. Rencanakanlah latihan Anda dengan mode planning (mode perencanaan *termasuk ke dalam fitur berbayar) untuk latihan yang lebih efektif lagi!

Mendaftarlah secara gratis sekarang juga dan lakukanlah simulasi ujian pertama Anda!

Artikel lain yang mungkin menarik bagi Anda: