Bagikan

Pengantar untuk Listening

Bagian listening dari tes TOEIC, atau yang disebut TOEIC listening, adalah bagian pertama dari ujian. Seperti halnya tes pada awal ujian, sangatlah penting untuk mengerjakannya dengan baik supaya mendapatkan kepercayaan diri. Dibutuhkan konsentrasi yang tinggi untuk semua kandidat karena setiap bagian dari TOEIC Listening didasarkan pada rekaman audio yang hanya diperdengarkan satu kali saja. Akan tetapi, jangan panik, pengetahuan yang baik tentang bagian-bagian dari TOEIC Listening dan pelatihan yang teratur dari GlobalExam dengan basis data latihan daring terbesar, yang dilakukan dalam situasi yang sebenarnya dalam TOEIC, akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Sejak 1 Juni 2018, struktur TOEIC dan latihannya telah berubah.

Semua artikel dalam kategori “Petunjuk” dari blog GlobalExam telah disesuaikan dengan modifikasi TOEIC yang terbaru. Pelatihan TOEIC juga menggunakan versi terbaru.

Mulai secara gratis

TOEIC listening – Struktur – Prosedur

Pada bagian Listening ini akan menguji kemampuan Anda dalam memahami bahasa Inggris lisan.

Ujian ini terdiri dari 4 bagian dengan total 100 pertanyaan.

Isi

  • Bagian 1 – Fotografi : 6 foto, 6 pertanyaan
  • Bagian 2 – Pertanyaan dan jawaban, 25 pertanyaan
  • Bagian 3 – Percakapan : 13 percakapan, 39 pertanyaan
  • Bagian 4 – Monolog : 10 monolog, 30 pertanyaan

Ujian listening akan berlangsung selama 45 menit. Instruksi akan diberikan secara lisan pada setiap bagian.;

PERHATIAN : pada saat ujian Anda harus menghitamkan kotak-kotak pada lembar jawaban yang terpisah. Anda dilarang keras menulis di buku ujian.

TOEIC listening – Kriteria evaluasi – Penilaian

TOEIC dinilai dengan skor total 990, setiap bagian dievaluasi dengan skor total 495 poin. Jadi untuk skor bagian listening akan berkisar antara 5 sampai 495.

Contoh

Latihan ini diambil dari basis data pelatihan GlobalExam.

Di dalam buku, kita melihat : 

Pengantar untuk Listening

Kita mendengar :

  1. The sun is shining on the pyramid
  2. The moon is shining on the pyramid
  3. It is raining
  4. The square is full of people

Kemudian Anda cukup memilih jawaban yang benar dengan menandai huruf yang sesuai pada lembar jawaban : B

TOEIC listening – Strategi – Kiat

  • Strategi utama untuk mendapatkan poin pada keterampilan mendengarkan dalam ujian TOEIC adalah dengan memanfaatkan secara maksimal informasi dalam buku ujian untuk mengantisipasi apa yang akan Anda dengar, sehingga Anda dapat memusatkan perhatian pada poin-poin utama dari rekaman untuk menjawab pertanyaan dengan benar. Strategi ini berlaku untuk bagian 1, 3 dan 4 (tidak berlaku untuk bagian 2 karena pertanyaan dan pilihan jawaban hanya diperdengarkan secara oral).
  • Rekaman audio untuk TOEIC listening hanya direkam oleh guru-guru berkebangsaan Amerika, Kanada, Australia atau Inggris. Anda dapat berlatih dengan materi pelatihan (trek audio) yang bervariasi untuk meningkatkan pemahaman Anda tentang aksen-aksen Bahasa Inggris yang berbeda.
  • Tetap fokus : Anda hanya dapat mendengarkan rekaman audio satu kali saja. Anda akan mendengarkan banyak informasi, jadi sangatlah penting untuk tetap fokus selama rekaman audio diperdengarkan. Terutama karena Anda dilarang mencatat.

TOEIC listening – Waktu

Mengenai waktu, pada bagian listening kurang menjadi masalah daripada bagian membaca TOEIC. Anda tidak bebas untuk mengatur waktu sesuai dengan keinginan Anda, karena Anda harus menjawab pertanyaan ketika Anda mendengarkan. Anda hanya dapat mendengarkan satu kali saja. Anda tidak perlu untuk memberikan tekanan yang lebih kepada diri Anda dengan terus-menerus melihat jam tangan Anda.

Artikel lain yang mungkin menarik bagi Anda: