Bagikan

Bagaimanakah cara mengonversi skor Anda menggunakan skala nilai TOEIC?

Seperti banyak ujian bahasa Inggris, TOEIC adalah tes dengan pertanyaan pilihan ganda. Berkat skor tes tersebut, Anda dapat mengesahkan tingkat kemampuan berbahasa Inggris dan mendapatkan sertifikasi keterampilan berbahasa. Tes itu dapat membuktikan secara objektif kepada pemberi kerja bahwa Anda berbicara bahasa Inggris sehingga Anda mendapatkan promosi atau posisi tertentu di luar negeri. Oleh karena itu, TOEIC bisa sangat berguna dalam karier Anda.

TOEIC terdiri atas 100 pertanyaan per seksi atau 200 pertanyaan secara keseluruhan. Bagamainanakah cara mengetahui berapa banyak jawaban benar yang diperlukan untuk mencapai skor tertentu? GlobalExam menjelaskan semua tentang tabel konversi TOEIC kepada Anda.

Untuk mencapai skor yang diinginkan, Anda perlu melakukan persiapan TOEIC dan GlobalExam dapat membantu Anda untuk itu.

Mulai secara gratis

Skala

Setiap ujian bahasa Inggris memiliki skala dan interpretasi yang berbeda atas skor hasil.

TOEIC adalah ujian bahasa dalam lingkungan profesional. TOEIC menempatkan Anda dalam situasi umum kehidupan perusahaan (perjalanan bisnis, telekomunikasi, konferensi, pertemuan/rapat…).

Skor tertinggi TOEIC, 990 poin, merupakan akumulasi jumlah skor pada setiap seksi, yaitu 495 poin. Makin banyak Anda menjawab dengan benar, makin tinggi pula skor TOEIC Anda. Skor 990 sebagai nilai tertinggi merupakan skor sempurna dan merepresentasikan tingkat kemahiran berbahasa Inggris yang sangat baik.

Bagaimanakah skor dihitung?

Setiap seksi TOEIC memiliki 100 pertanyaan sehingga jumlah totalnya menjadi 200 pertanyaan. Skor tertinggi setiap seksi TOEIC adalah 495 poin. Bergantung pada jumlah jawaban yang benar, jawaban itu dikonversi menjadi skor dari 0 sampai dengan 495 poin. Jika Anda tidak memiliki satu pun jawaban yang benar, Anda akan mendapatkan 0 poin, sedangkan jika Anda menjawab semua pertanyaan dengan yang benar, Anda akan mendapatkan 495 poin.

Jumlah jawaban benar yang diperlukan untuk mendapatkan skor TOEIC yang baik bervariasi antara pemahaman lisan dan pemahaman tulisan. Berikut adalah tabel ringkasan untuk mengonversi jumlah jawaban yang benar:

Bagaimanakah skor dihitung?

Untuk pemahaman lisan atau seksi Listening, Anda akan memerlukan setidak-tidaknya 27 jawaban yang benar untuk mendapatkan minimum skor 60 poin. Jika Anda berhasil menjawab dengan tepat kurang dari sepertiga dari semua keseluruhan pertanyaan, Anda hanya akan mendapatkan 110 poin. Untuk memvalidasi tingkat B1, Anda harus membidik skor minimum 275 poin, atau 56 jawaban yang benar. Untuk mendapatkan setidak-tidaknya 390 poin, Anda memerlukan minimum 75 jawaban yang benar. Jika menargetkan tingkat yang lebih tinggi, Anda harus memperoleh setidak-tidaknya 89 jawaban yang benar untuk mendapatkan 470 poin. Mulai dari 93 jawaban yang benar, Anda akan mendapatkan skor 495 poin.

Dalam pemahaman tulisan atau seksi kedua, Reading, tingkat terendah tercapai jika Anda berhasil menjawab setidak-tidaknya 30 pertanyaan dengan benar. Skor Anda akan naik menjadi 110 atau lebih jika berhasil menjawab minimum 39 pertanyaan. Mulai dari 63 jawaban yang benar, skor Anda akan menjadi 275 atau lebih tinggi. Untuk mendapatkan 390 poin yang diperlukan untuk mencapai tingkat B2, Anda perlu menjawab dengan benar minimum 83 pertanyaan pada seksi ini. Anda akan meraih skor 470 poin jika Anda menjawab dengan benar 95 pertanyaan dari 100 yang diujikan. Akhirnya, Anda perlu mendapatkan 100 jawaban yang benar untuk mendapatkan skor maksimum (495).

Selama ujian, Anda akan dapat membaca topik dan pertanyaan pada buku soal ujian. Anda akan selalu memiliki empat pilihan jawaban dan Anda harus memilih yang paling cocok di antaranya. Anda harus menuliskan jawaban pada lembar jawaban yang telah disediakan untuk TOEIC. Kemudian, lembar tersebut akan dipindai oleh komputer.

Tidak ada sistem minus atau pengurangan poin jika Anda memilih jawaban yang salah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menjawab, bahkan jika Anda tidak yakin, atau jika Anda tidak mengetahui jawaban yang tepat. Keberuntungan mungkin akan berada di pihak Anda!

Skala skor

Pada sertifikat TOEIC terdapat skala penilaian yang dapat digunakan untuk mengetahui posisi Anda sesuai dengan skala tersebut. Bergantung pada skor total (jumlah skor pemahaman lisan dan tulisan), Anda dapat mengetahui posisi Anda sesuai dengan skala penilaian TOEIC. Selain, skala skor total, terdapat pula skala skor per seksi yang dapat membantu Anda mengevaluasi tingkat bahasa Inggris pada setiap jenis keterampilan.

Dalam pemahaman lisan terdapat tiga tingkatan, yaitu:

  • 200 poin: Anda dapat memahami ide utama dari sebuah foto atau deskripsi. Anda memahami rincian percakapan jika kosakata yang digunakan sederhana atau informasinya terletak pada akhir dialog.
  • 300 poin: Anda memahami ide, konteks, dan tujuan teks yang lebih panjang. Rincian dapat dipahami jika ada pengulangan atau parafrasa.
  • 400 poin: Anda memahami teks yang sulit, baik pendek maupun panjang, dan dengan topik yang beragam. Anda dapat memahami rincian di tengah percakapan atau ketika konstruksi kalimat cukup kompleks (misalnya pada konstruksi kalimat negasi).

Bagaimanakah cara mengonversi skor Anda menggunakan skala nilai TOEIC?

Dalam pemahaman tulisan terdapat empat tingkatan, yaitu:

  • 150 poin: Anda memahami kosakata sederhana dan umum. Anda akan menemukan jawaban yang tepat atas sebuah pertanyaan jika bahasa yang digunakan di dalam teks sama dengan yang digunakan di dalam pertanyaan.
  • 250 poin: Anda berhasil membuat deduksi sederhana. Anda dapat memahami struktur gramatikal sederhana dan menghubungkan informasi di antara elemen tersebut.
  • 350 poin: Anda dapat memahami ide dan tujuan teks. Anda mampu membuat hubungan antar-informasi yang berbeda dan dengan menggunakan struktur gramatikal yang lebih rumit. Anda memahami kosakata tingkat menengah. Anda menerka arti kata atau ungkapan melalui konteksnya.
  • 450 poin: Anda dapat membuat deduksi dengan informasi yang disertakan. Anda memahami banyak kosakata. Anda mampu menetapkan perbedaan arti yang terdapat di antara istilah yang berkaitan.

Tingkat CECRL

Tingkat kemahiran berbahasa Inggris Anda dinilai dan disertifikasi melalui TOEIC. Untuk membantu Anda memahami arti skor, tingkat CECRL yang berbeda telah ditempatkan pada skala TOEIC. Dengan demikian, Anda dapat memiliki tabel konversi pada sertifikat Anda, untuk mengetahui tingkat bahasa Inggris Anda pada skala CECRL.

Jika mendapatkan setidak-tidaknya 120 poin, Anda telah mencapai tingkat CECRL pertama, yaitu tingkat A1. Anda memahami kosakata umum dan familiar (dekat dengan Anda dan dengan kehidupan sehari-hari) yang digunakan pada situasi sederhana. Anda dapat berbicara mengenai diri sendiri, tempat tinggal, dan orang yang memiliki hubungan dengan Anda.

Jika mendapatkan 225 poin, Anda telah mencapai tingkat CECRL A2. Anda memahami frasa yang berdiri sendiri atau ungkapan yang sering digunakan. Anda dapat bertukar informasi mengenai topik sederhana.

Jika mendapatkan 550 poin, Anda telah mencapai tingkat CERCL B1. Anda memahami poin penting dari sebuah wacana dengan topik yang familiar. Anda dapat menceritakan suatu peristiwa atau menjelaskan suatu proyek.

Jika mendapatkan 785 poin, Anda telah mencapai tingkat CECRL B2. Anda memahami poin penting dari sebuah teks, baik yang bersifat konkret maupun yang abstrak. Anda memahami berbagai topik, mampu mengekspresikan pendapat, dan menyatakan ide yang bertentangan.

Jika mendapatkan 945 poin atau poin maksimum 990, Anda telah mencapai tingkat CECRL terbaik, yaitu tingkat C1. Anda memiliki tingkat kemampuan berbahasa Inggris yang sangat baik. Anda memahami teks, baik pendek maupun panjang, dan dapat memahami makna tersirat dari sebuah teks. Anda tidak hanya memahami topik yang familiar, tetapi juga topik profesional atau topik akademis. Anda berbicara dengan cara yang jelas, spontan, dan terstruktur.

Lulus tes

Seperti yang Anda pahami, Anda tidak mungkin “gagal” dalam tes ini. Anda tidak perlu memvalidasi suatu tingkat untuk mendapatkan sertifikasi. Bergantung pada hasil TOEIC, Anda mendapatkan tingkat tertentu dalam bahasa Inggris. Anda dapat dikatakan berhasil jika mendapatkan tingkat sesuai dengan yang diinginkan. Anda dapat memiliki skor atau tingkat minimum yang disyaratkan oleh sekolah atau perusahaan Anda. Jika tidak, bagi banyak perusahaan, skor yang baik berada di atas 750 poin. Tingkat B2 paling sering disyaratkan oleh perusahaaan karena tingkat itu menjamin pemahaman yang baik dalam berbahasa Inggris dan komunikasi yang efektif.

Oleh karena itu, pelatihan TOEIC penting untuk mendapatkan skor terbaik dan untuk mengesahkan tingkat kemahiran berbahasa Inggris yang baik. GlobalExam membantu Anda berlatih dan meningkatkan skor Anda. Berkat pelatihan secara daring, Anda dapat mengerjakan dan mengulang puluhan latihan standar TOEIC. Platform kami menyesuaikan dengan Anda dan skor yang ingin dicapai, serta membuat Anda berlatih secara bertahap. Ada banyak sumber materi yang dapat digunakan untuk berlatih, antara lain simulasi ujian, lembar tata bahasa, dan saran kami agar Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi ujian.

Dengan GlobalExam, Anda dapat melakukan evaluasi pertama tes TOEIC secara gratis. Anda hanya perlu mendaftar!

Artikel lain yang mungkin menarik bagi Anda: