Bagikan

Apakah materi pendukung terbaik untuk mempersiapkan TOEIC ®?

TOEIC atau Test of English for International Communication adalah tes yang tersedia di pasaran sejak tahun 1979 untuk menilai tingkat kemahiran berbahasa Inggris. Tes itu dapat digunakan tidak hanya untuk menentukan kemampuan seorang kandidat dalam memahami apa pun bentuk teks berbahasa Inggris, tetapi juga untuk menentukan kemampuan dalam berkomunikasi dan mengekspresikan diri dengan menggunakan bahasa Inggris. Diakui secara internasional oleh lebih dari 150 negara, TOEIC merupakan referensi bagi berbagai universitas, institusi, dan perekrut. Itulah sebabnya, setiap tahun terdapat lebih dari tujuh juta kandidat yang mengikuti tes tersebut.

Mulai secara gratis

Pelaksanaan dan keberhasilan tes seperti TOIEC bukan tanpa persiapan. Sangat penting bagi kandidat untuk mempersiapkan diri dalam mengatur waktu sebaik mungkin sehingga tidak panik dengan format tes. Walaupun demikian, tidak seperti tes lainnya, kumpulan soal TOEIC tahun-tahun sebelumnya yang dapat digunakan kandidat untuk berlatih sangat jarang ditemukan. Untungnya, ada cara lain untuk mempersiapkan TOEIC dengan baik agar mendapatkan hasil sebaik mungkin.

Mengapa berlatih TOEIC?

Apa pun tujuan Anda, apakah untuk mempersiapkan berkas studi dalam rangka melanjutkan pendidikan ke luar negeri ataukah untuk memperkaya CV dalam konteks mencari kerja ke luar negeri, TOEIC adalah solusi untuk memberikan nilai lebih pada tingkat kemahiran Anda dalam berbahasa Inggris dan mengoptimalkan peluang Anda dalam mencapai tujuan.

Tidak seperti yang dipikirkan oleh banyak kandidat bahwa mendapatkan skor yang baik pada tes TOEIC tidak hanya untuk mereka yang memiliki kemampuan terbaik dalam berbahasa Inggris. Begitu pula sebaliknya, seorang kandidat yang fasih berbahasa Inggris, tidak serta- merta akan memperoleh skor yang sangat baik. Format ujian dapat membuat panik. Oleh karena itu, penting untuk mengatur waktu dengan baik sehingga Anda dapat mencurahkan 100% perhatian untuk mengerjakan setiap bagian tes. Pada TOEIC, kosakata yang digunakan dapat bersifat spesifik karena lebih menitikberatkan pada penggunaan bahasa Inggris dalam dunia kerja profesional. Dengan demikian, kandidat yang mempersiapkan dirinya dengan baik, kemungkinan besar dapat melewati ujian dengan lancar dan berhasil.

Kumpulan soal TOEIC tahun-tahun sebelumnya tidak tersedia

Jika pernah mempersiapkan suatu ujian, Anda pasti pernah menggunakan kumpulan soal yang berisi banyak latihan dari sesi-sesi ujian sebelumnya. Dengan menggunakan kumpulan soal, kandidat dapat membiasakan diri menghadapi soal serupa, baik dalam hal bentuk tes, pertanyaan, kosakata, dan kadang-kadang juga “jebakan”. Sayangnya, hanya sedikit sekali kumpulan soal TOEIC tahun-tahun sebelumnya yang tersedia di pasaran.

Apakah materi pendukung terbaik untuk mempersiapkan TOEIC ®?

ETS global menampilkan kumpulan soal TOEIC tahun-tahun sebelumnya secara gratis di situs internet mereka. Akan tetapi, karena sangat jarang diperbarui, Anda tidak dapat hanya mengandalkan soal-soal itu untuk berlatih. Jangan panik! Ada banyak sumber materi lain yang dapat digunakan untuk berlatih TOEIC dengan baik, apa pun tingkat kemampuan, kelebihan, kekurangan, serta jadwal yang Anda miliki.

Media pendukung berupa audio dan video untuk berlatih TOEIC

Mari kita mulai dengan hal yang paling menyenangkan, yaitu penggunaan materi pendukung berupa audio dan video untuk berlatih TOEIC yang dapat membantu Anda melatih beberapa keterampilan dan beberapa ranah berbahasa. Pertama-tama adalah keterampilan pemahaman lisan yang merupakan tes kunci pada TOEIC. Seperti diketahui, cara terbaik untuk mempelajari suatu bahasa adalah dengan langsung “menceburkan diri” ke dalam penggunaan bahasa tersebut. Dengan berlatih mendengarkan dalam bahasa Inggris, Anda akan terbiasa dengan berbagai karakter khas suara, aksen, kecepatan berbicara dll.

Tidak hanya itu, Anda juga akan mengembangkan kosakata dengan mendengarkan kata dalam berbagai konteks. Cara ideal untuk menggabungkan pelatihan TOEIC dan kegiatan yang menyenangkan adalah dengan menonton film atau seri televisi berbahasa Inggris, mungkin beserta terjemahannya, dan mendengarkan rekaman podcast BBC atau bahkan mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Akan tetapi, Anda juga dapat menggunakan metode yang lebih akademis untuk memperkaya kosakata dan membiasakan diri dengan berbagai aksen sebanyak mungkin. GlobalExam menawarkan platform pelatihan TOEIC yang lengkap sehingga memungkinkan Anda untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam menghadapi seksi pemahaman lisan berkat berbagai latihan mendengarkan yang tersedia secara daring.

Meningkatkan pemahaman tulisan

Reading adalah seksi terlama dalam tes TOEIC. Selama 75 menit, Anda harus membuktikan pemahaman yang tepat atas empat kutipan teks dengan cara menjawab seratus pertanyaan pilihan ganda. Seksi itu sering ditakuti karena kosakata yang tidak diketahui kadang-kadang dapat membuat kandidat menjadi panik. Seksi itu menggabungkan berbagai kutipan teks, misalnya teks yang berasal dari artikel pers atau buku. Kosakata TOEIC dapat bersifat spesifik dan lebih sering berfokus pada “business english” (bahasa Inggris untuk keperluan bisnis). Anda dapat membiasakan diri dengan topik tersebut, misalnya dengan membaca berita berbahasa Inggris secara teratur. Akan tetapi, jangan ragu untuk memperluas cakupan kosakata dengan menggunakan beragam sumber, seperti novel, cerita pendek, dan film dokumenter karena semuanya baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman Anda. Sekali lagi, membaca artikel atau buku adalah solusi yang baik untuk memanfaatkan waktu luang sebaik mungkin sambil meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, tetapi itu saja tidak cukup untuk lulus tes TOEIC. Sangat disarankan untuk menggabungkannya dengan latihan yang lebih intensif. Berkat platform daring seperti GlobalExam, Anda akan memiliki akses ke berbagai kutipan teks dan pertanyaan serupa dengan yang akan Anda temukan pada saat tes TOEIC. Dengan penggabungan keduanya, pelatihan menjadi lengkap dan persiapan optimal lebih terjamin.

Situs-situs internet terbaik untuk berlatih TOEIC

Situs untuk berlatih ujian bahasa Inggris sangatlah banyak. Anda mungkin akan kehilangan banyak waktu untuk menemukan situs yang tepat, metode yang sesuai dengan anggaran, tujuan, kelemahan Anda, dll. Selain itu, kadang-kadang beberapa situs internet memberikan tawaran gratis, tetapi sayangnya dengan mengorbankan kualitas konten.

Situs-situs internet terbaik untuk berlatih TOEIC

Jika Anda mengikuti TOEIC, tidak diragukan lagi, pastilah untuk mencapai tujuan yang penting, seperti ekspatriasi, studi ke luar negeri, perubahan posisi profesional, dll. Oleh karena itu, Anda perlu mengoptimalkan peluang dengan memilih pelatihan yang dapat diandalkan. Anda dapat menggunakan kumpulan soal ETS dari sesi-sesi ujian sebelumnya. Akan tetapi, jika Anda mencari pelatihan dan pemantauan yang mendalam, sebaiknya gunakanlah platform khusus yang akan mendampingi Anda dan memberikan hasil terjamin.

Anda juga dapat berlatih dengan tutor secara daring untuk meningkatkan tingkat kemahiran berbahasa melalui kursus individual. Platform Preply menghubungkan tutor dari seluruh dunia dengan peserta didik yang memiliki tujuan untuk mencapai tingkat kemahiran tertentu.

GlobalExam: referensi untuk persiapan TOEIC Anda

Menonton film, mendengarkan musik, atau mendengarkan rekaman podcast, membaca artikel atau membaca buku berbahasa Inggris tentu akan membantu Anda dalam memahami bahasa Inggris, membiasakan diri dengan intonasi, aksen, atau gaya bahasa, dan juga mengembangkan kosakata. Namun, hal itu tidak akan benar-benar mempersiapkan Anda untuk menghadapi TOEIC. Itulah sebabnya, Anda perlu menggabungkan pelatihan yang “menyenangkan” itu dengan pelatihan yang lebih spesifik, yang juga bisa sama menyenangkannya.

Pelatihan khusus akan memungkinkan Anda untuk membiasakan diri dengan format ujian, instruksi, latihan, dan waktu yang akan dialokasikan pada saat ujian. Anda dapat memilih berbagai bentuk pelatihan, misalnya pelatihan tatap muka secara berkelompok atau program perjalanan ke luar negeri sambil belajar bahasa. Andalah yang memilih metode yang paling cocok untuk Anda. Namun, jika Anda ingin dapat berlatih kapan pun, di mana pun, dan selama yang Anda inginkan, GlobalExam adalah solusi TOEIC yang Anda butuhkan. Platform kami menjadi referensi bagi pasar tes bahasa karena kami menawarkan pelatihan yang lengkap, memantau perkembangan Anda, dan memberikan hasil terjamin.

Penting untuk terlebih dahulu menentukan tingkat kemahiran berbahasa Inggris Anda. Mengikuti simulasi tes TOEIC lengkap akan memberikan gambaran tentang skor yang dapat diperoleh dan menentukan titik awal bagi Anda. GlobalExam menawarkan latihan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan Anda sehingga Anda mampu mengurangi kelemahan dan memperkuat kelebihan. Memantau perkembangan sangatlah memotivasi diri sendiri, apalagi jika dapat berinteraksi dengan para spesialis. GlobalExam menawarkan pemantauan yang bersifat personal dan kesempatan menghubungi spesialis untuk membantu kemajuan Anda dan menjawab semua pertanyaan.

Setelah menentukan titik awal dan program pelatihan, Anda dapat mulai berlatih TOEIC sesuai dengan ritme dan waktu yang Anda miliki. Platform GlobalExam menawarkan 30 pelatihan TOEIC, 5 di antaranya berupa model simulasi ujian, 6.000 pertanyaan, dan 60 jam pelatihan, semuanya dilengkapi dengan koreksi sehingga Anda dapat memahami dan belajar dari kesalahan. Kapan saja, Anda dapat menguji diri sendiri secara teratur dalam kondisi seperti ujian yang sebenarnya dari rumah Anda. Selain itu, tersedia pula banyak lembar teknis dan setiap saat, Anda dapat memanfaatkan saran dan strategi kami agar lulus tes TOEIC sebaik mungkin. Singkatnya, Anda akan didampingi dari A sampai Z oleh para spesialis kami dan itu tidak sia-sia! Buktinya, berkat program pelatihan selama 30 hari, kandidat kami mengalami peningkatan skor rata-rata 120 poin!

Jika ingin mengoptimalkan peluang yang Anda miliki dalam menghadapi tes TOEIC, jangan ragu, percayalah kepada GlobalExam. Sudah ada sejak tahun 2014, platform pelatihan tes bahasa GlobalExam menawarkan keahlian nyata serta pendampingan lengkap yang disesuaikan bagi para kandidat kami. Hal itulah yang menjadikan penawaran kami sebagai pilihan terbaik bagi kandidat TOEIC yang ingin mengasah tingkat kemahiran berbahasa Inggris.

Anda dapat meningkatkan skor TOEIC sekarang juga dengan mendaftar di situs internet kami. Ujilah tingkat kemahiran berbahasa Inggris Anda dengan memanfaatkan latihan simulasi tes lengkap beserta koreksinya, gratis!

Artikel lain yang mungkin menarik bagi Anda: