Bagikan

Semua yang perlu diketahui tentang skor TOEIC!

480, 570, 750 poin … . Akan tetapi, apa artinya? Hasil yang didapatkan pada tes TOEIC® mungkin tampak abstrak bagi Anda. Sulit untuk mengetahui apa arti angka tersebut dalam kaitannya dengan keterampilan dan pengetahuan bahasa.

Mulai secara gratis

Apakah TOEIC?

TOEIC (Test of English for International Communication) adalah sebuah sertifikasi bahasa Inggris, yang mengevaluasi dan mengesahkan kemampuan Anda untuk berevolusi di dalam lingkungan profesional yang berbahasa Inggris. Jadi, TOEIC menguji pemahaman Anda tentang bahasa Inggris yang disebut “bahasa Inggris untuk keperluan bisnis.” Tes itu digunakan oleh makin banyak perekrut karena, selain ditujukan untuk dunia usaha dan mengevaluasi kemampuan berbahasa Inggris Anda untuk keperluan bisnis (business English), tes itu juga dapat digunakan untuk membandingkan secara objektif kemampuan berbahasa Inggris dari dua kandidat dengan profil yang sama. Tes itu menjadi kriteria yang membedakan Anda dari kandidat lain dan memperbesar peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan. Apa pun tingkatnya, kandidat dianjurkan untuk melakukan persiapan TOEIC sebelum hari H.

Versi TOEIC yang paling umum adalah Listening & Reading, yang menilai pemahaman, baik secara lisan maupun tulisan. Berkat tes TOEIC, perekrut dapat melihat kemampuan Anda untuk memahami bahasa Inggris profesional. Tes itu berlangsung selama dua jam dan berbasis kertas.

Di sisi lain, Speaking & Writing menguji kemampuan Anda untuk mengekspresikan diri, baik secara lisan maupun tulisan, dalam konteks profesional. Tes itu juga berlangsung selama satu jam dua puluh menit (1 jam 20 menit), tetapi berbasis internet.

TOEIC Bridge juga merupakan tes pemahaman tulisan dan pemahaman lisan, tetapi sedikit lebih mudah daripada TOEIC Listening & Reading. Tes itu juga berbasis kertas.

Level TOEIC

Setiap seksi (Listening & Reading atau Speaking & Writing) terdiri atas seratus pertanyaan. ETS mengonversi jumlah jawaban yang benar untuk mendapatkan dua skor, setiap seksi mendapatkan satu skor. Skor itu masing-masing antara 5 dan 495. 

Skor keseluruhan adalah jumlah kedua skor yang diperoleh. Skor tertinggi yang mungkin dicapai adalah 990 dan yang terendah adalah 10.

Mengonversi skor Anda

Untuk mengonversi sendiri jumlah jawaban yang benar menjadi skor hasil, misalnya, pada saat simulasi ujian, Anda perlu menggunakan tabel konversi poin TOEIC. Dengan demikian, Anda dapat untuk melihat ekuivalensi antara jumlah jawaban yang benar dan skor TOEIC. Namun, berhati-hatilah, sebuah tabel konversi TOEIC tidak berlaku untuk semua sertifikasi bahasa dan hanya berlaku untuk tes tersebut. Tabel konversi bervariasi bergantung pada kesulitan tes.

Setelah Anda lulus tes, Anda akan menerima sertifikat, yang terdiri atas tiga skor:

  • Skor Anda pada seksi pertama,
  • Skor Anda pada seksi kedua,
  • Skor akhir Anda, yaitu jumlah total kedua skor sebelumnya.

Masa berlaku

TOEIC berlaku selama dua tahun, sejak tanggal pemerolehan hasil tes. Dengan demikian, individu atau institusi yang menggunakan skor itu untuk menilai tingkat kemahiran bahasa Inggris Anda, dapat mengandalkan hasil tes tersebut, jika masih baru. ETS menganggap bahwa setelah dua tahun, kemampuan Anda mungkin telah berevolusi dan Anda harus melakukan sertifikasi ulang.

Semua yang perlu diketahui tentang skor TOEIC!

Bandingkanlah masa berlakunya dengan tes lain serta temukanlah saran praktis kami untuk mempersiapkan tes sertifikasi bahasa.

Persyaratan internasional

Sebagian besar lembaga pendidikan tinggi yang menggunakan nilai TOEIC sebagai sertifikasi tingkat kemahiran berbahasa Inggris mensyaratkan skor minimal 785 atau setara dengan tingkat B2. Dalam banyak kasus pelatihan teknik bagi para insinyur, syarat tersebut digunakan untuk memvalidasi ijazah. Dalam kasus lain yang juga sering terjadi, syarat itu juga digunakan jika Anda ingin pergi ke luar negeri selama atau setelah masa studi Anda.

Perusahaan yang merekrut kandidat untuk posisi internasional sering mensyaratkan skor minimum TOEIC, yang berkisar antara 800 dan 850, untuk memastikan tingkat kemahiran berbahasa kandidat. Saat ini, terdapat 15.000 perusahaan dan institusi publik di seluruh dunia yang mensyaratkan skor minimum untuk dapat bekerja secara efektif dalam lingkungan berbahasa Inggris. Untuk mengetahui apa persyaratan skor minimum yang harus diperoleh, tanyakanlah kepada lembaga yang bersangkutan.

Kesetaraan dengan CECRL

CERCL atau “Kerangka Acuan Bersama Eropa untuk Bahasa” dibentuk untuk membandingkan hasil berbagai tes yang ada dengan menggunakan skala yang sama. Setiap tingkat mewakili kemampuan atas pemahaman dan ekspresi tertentu.

Hasil TOEIC Anda dapat dihubungkan dengan tingkat CECRL berikut:

  • Sampai dengan skor 120 poin, keterampilan Anda relatif rendah atau setara dengan CECRL tingkat A1. Anda dianggap sebagai pengguna dasar dan pemula. Anda dapat memperkenalkan diri dan mengajukan pertanyaan sederhana kepada seseorang.
  • Tingkat kedua atau A2 berada pada skor 225 poin. Pada tingkat ini, Anda dianggap sebagai pengguna menengah. Anda dapat mendeskripsikan diri Anda, mengajukan pertanyaan, dan bertukar informasi tentang topik yang familiar (dekat dengan Anda dan dengan kehidupan sehari-hari).
  • Sampai dengan skor 550 poin atau tingkat B1, Anda menjadi pengguna mandiri. Anda memahami poin penting dari banyak situasi yang dihadapi. Anda dapat menggunakan kosakata yang tepat ketika bepergian dan Anda dapat berbicara tentang topik yang lebih bervariasi.
  • Mulai dari skor 785 poin, Anda memiliki kemahiran yang tinggi dan dianggap sebagai “independant user’ (pengguna mandiri) atau memiliki tingkat B2 pada skala CECRL. Anda dapat memahami konten yang lebih kompleks dengan topik tertentu. Anda lebih fasih dan spontan. Anda juga dapat berbicara tentang pendapat Anda.
  • Akhirnya, jika skor Anda naik menjadi 945 poin, Anda adalah pengguna yang berpengalaman dan otonom. Menurut skala CECRL, kemampuan Anda setara dengan tingkat C1. Anda dapat berbicara dengan lancar, tanpa ragu. Anda dapat menyusun gagasan dan memahami teks yang kompleks. Anda juga mampu menangkap ide yang tersirat.

Tingkat kemahiran berbahasa Inggris yang paling sering diminta adalah B2 dan C1. Tingkat B2 sangat sering sudah didapatkan melalui pembelajaran di bangku sekolah. Dengan sedikit pelatihan, Anda akan mencapai tujuan yang diinginkan.

Persiapan secara daring bersama GlobalExam

Untuk mendapatkan skor sebaik mungkin dan lulus tes sertifikasi dengan sekali coba, penting bagi Anda untuk berlatih. Oleh karena itu, GlobalExam memungkinkan Anda untuk berlatih tanpa batas pada semua latihan spesifik tes dengan pertanyaan yang serupa. Dengan demikian, Anda akan siap menghadapi hari H dan mendapatkan nilai TOEIC disyaratkan, tanpa kesulitan. Mulai sekarang, di platform GlobalExam, Anda dapat berlatih dan meningkatkan kemampuan dengan memanfaatkan latihan setara simulasi ujian gratis!

Anda hanya perlu mendaftar, tanpa ikatan dan tanpa kewajiban untuk membeli!

Artikel lain yang mungkin menarik bagi Anda: