Bagikan

Pengantar

Seksi reading pada TOEIC yang juga disebut TOEIC reading comprehension adalah seksi kedua dan terakhir dari seluruh tes TOEIC. Seksi ini muncul setelah seksi Listening. Seperti halnya tes terakhir pada setiap ujian, sangat penting bagi Anda untuk tetap mempertahankan tingkat konsentrasi yang tinggi agar dapat menyelesaikan bagian ini dengan baik.

Sejak tanggal 1 Juni 2018, struktur dan bagian-bagian soal tes TOEIC telah mengalami pembaruan.

Semua artikel dalam kategori pedoman pada blog GlobalExam sudah disesuaikan dengan perubahan pada tes TOEIC yang terbaru, begitu pula halnya dengan pelatihan TOEIC.

Mulai secara gratis

Bagaimanakah struktur seksi Reading ?

Seksi Reading menguji kemampuan Anda dalam memahami bahasa Inggris secara tertulis. Seksi ini terdiri atas 4 bagian dengan jumlah keseluruhan sebanyak 100 pertanyaan.

Berikut rincian isi setiap bagian.

  • Bagian 5 : terdiri atas 30 kalimat yang harus dilengkapi, 30 pertanyaan.
  • Bagian 6 : terdiri atas 4 teks yang harus dilengkapi, 16 pertanyaan.
  • Bagian 7 (A) : terdiri atas 1 teks, 29 pertanyaan.
  • Bagian 7 (B) : terdiri atas 2 atau 3 teks, 25 pertanyaan.

Seksi reading berlangsung selama 75 menit. Instruksi akan diberikan secara lisan untuk setiap bagian.

Seksi Membaca pada ujian TOEIC – Struktur dan pelaksanaan tes

Perhatian: pada saat tes berlangsung, Anda harus menjawab pertanyaan dengan cara menghitamkan bulatan pada lembar jawaban komputer (LJK) yang terpisah dan Anda dilarang keras untuk menuliskan apa pun di buku ujian.

Bagaimanakah seksi Reading dinilai ?

Total skor TOEIC adalah 990 poin. Setiap seksi bernilai 495 poin. Skor Anda untuk seksi reading akan berkisar antara 5 dan 495.

Contoh

Latihan ini diambil dari kumpulan latihan yang dapat Anda temukan pada GlobalExam.

Anda membaca di dalam buku ujian Anda:

The staff would like to remind all customers that they _____ their personal belongings.

Lalu, Anda membaca 4 pilihan jawaban di dalam buku ujian:

  1. Must take care of.
  2. Should take care with.
  3. Must keep care of.
  4. Have to keep with.

Kemudian, Anda menandai jawaban yang benar pada lembar jawaban Anda: A.

Saran dan kiat untuk lulus pemahaman tertulis

  • Tidak ada urutan baku yang harus diikuti dalam mengerjakan soal di bagian pemahaman tertulis. Anda dapat memulai dengan bagian yang Anda anggap paling mudah, setelah itu Anda berkonsentrasi menyelesaikan masalah pada bagian yang lebih sulit.
  • Anda harus membiasakan diri dengan struktur pada seksi reading. Sebelum mengikuti tes, Anda harus sudah mengetahui apa yang akan Anda temukan pada seksi ini.
  • Hafalkan instruksi tes sehingga pada hari H nanti, Anda lebih percaya diri karena telah mengetahui medan dengan baik. Anda dapat menyelesaikannya dengan cepat, tanpa menghabiskan banyak energi dan tetap berfokus pada membaca teks dan menjawab pertanyaan.
  • Tetapkan target yang tepat untuk setiap bagian agar Anda dapat mengelola waktu dengan baik. Sebagai contoh; Bagian 5, 30 menit; Bagian 6, 20 menit; Bagian 7 (A) dan 7 (B) masing-masing 25 menit.

Bagaimanakah mengelola waktu Anda ?

Secara apriori, tidak ada pengelolaan waktu yang sempurna: semua itu bergantung pada Anda, bergantung pada kecepatan Anda dalam membaca, pada tingkat kemampuan bahasa Inggris Anda, dll. Semua latihan yang Anda lakukan sebelum ujian dapat membuat Anda menetapkan tujuan yang konkret dan realistis.

Gunakanlah semua waktu yang dialokasikan: Anda tidak mendapatkan poin tambahan karena telah mengumpulkan lembar jawaban sebelum berakhirnya waktu ujian, yang berlangsung selama dua jam. Jadi, tetaplah fokus sampai akhir dan jika Anda mempunyai sisa waktu, bacalah kembali jawaban Anda.

“Saya hanya punya 2 menit tersisa, pertanyaan mana yang merupakan prioritas untuk dijawab terlebih dahulu ?”

Tidak ada sistem minus atau pengurangan poin karena salah menjawab pada ujian TOEIC: jika Anda tidak punya waktu untuk menjawab semua pertanyaan dan Anda hanya memiliki waktu beberapa detik lagi, jawablah pertanyaan secara acak. Anda memiliki satu dari empat kesempatan untuk menjawab dengan benar dan, jika Anda masih memiliki waktu untuk menghilangkan jawaban yang menurut Anda salah, kemungkinan Anda menjawab dengan tepat makin besar!

Pelatihan yang efektif bersama GlobalExam

GlobalExam adalah satu-satunya platform yang memungkinkan Anda untuk melakukan simulasi ujian TOEIC dengan kondisi seperti ujian yang sebenarnya sehingga Anda mendapatkan gambaran yang tepat mengenai tingkat kemampuan Anda, dan mencapai tujuan Anda.

Anda dapat melakukan simulasi ujian, latihan untuk setiap seksi, melihat koreksi dan memantau kemajuan Anda. Anda juga dapat menelusuri lembar latihan tata bahasa dan kosakata serta membuat jadwal pribadi yang disesuaikan untuk Anda agar Anda dapat berlatih dengan lebih baik.

Mendaftarlah secara gratis untuk mencoba!

Artikel lain yang mungkin menarik bagi Anda: