Apakah itu TOEFL ITP?

TOEFL ITP telah menggantikan TOEFL PBT (Paper Based Test) yang merupakan versi kertas dari tes klasik Test Of English as a Foreign Language (TOEFL). Seperti TOEFL IBT, TOEFL ITP mengevaluasi bahasa Inggris akademik. Lembaga pendidikan tinggi dan beberapa perusahaan dapat menggunakannya sebagai tes penempatan ataupun tes seleksi dan setiap tes mensyaratkan nilai minimum yang berbeda. Kami akan membantu Anda memahami poin-poin berikut mengenai skor TOEFL:

  • Menguraikan skor TOEFL ITP untuk mengetahui tingkat kemampuan Anda;
  • Menentukan skor TOEFL ITP yang Anda perlukan untuk melanjutkan pendidikan dan karier Anda, di Prancis atau luar negeri.

Oleh karena itu, sebaiknya lakukanlah persiapan TOEFL ITP untuk memaksimalkan peluang Anda mendapatkan skor yang baik.

Bagaimanakah skor TOEFL ITP saya menurut skala CERCL ?

CECRL (Kerangka Acuan Bersama Eropa untuk Bahasa) adalah standar Eropa yang diakui dan digunakan di seluruh dunia untuk mengevaluasi bahasa yang masih dipakai oleh penuturnya (living language). Kerangka tersebut menentukan 6 tingkat kemahiran bahasa berikut ini.

Skala CERCLPenjelasan
A1Pengguna dasar pemula
A2Pengguna dasar menengah
B1Pengguna mandiri tingkat ambang batas
B2Pengguna mandiri tingkat lanjutan
C1Pengguna ahli dan otonom
C2Pengguna dwibahasa/bilingual

Seperti tes kemahiran berbahasa Inggris lainnya yang dikeluarkan oleh ETS (Educational Testing System), TOEFL ITP diikuti dengan tujuan untuk mendapatkan skor tertentu yang berguna untuk:

  • mensertifikasi tingkat kemahiran Anda pada saat tertentu dan berlaku selama dua tahun;
  • memosisikan diri Anda terkait dengan kandidat tes lainnya.

Rentang skor TOEFL ITP berada di antara 310 dan 677 poin. Skor itu dihitung dengan menggunakan skala skor yang spesifik. Tidak semua pertanyaan menghasilkan jumlah poin yang sama untuk jawaban yang benar.

Menurut studi korelasi yang dilakukan oleh ETS Global, TOEFL ITP mencakup tingkat A2 hingga C1 menurut kerangka acuan CECRL, yaitu empat tingkat kemahiran berbahasa yang paling banyak diwakili oleh pembelajar bahasa Inggris.

Berikut ini tabel untuk mengidentifikasi “ambang batas” skor untuk setiap tingkat:

TesRentang skorA2B1B2C1
Pemahaman lisan31-6838475464
Struktur dan Ekspresi tulisan31-6832435364
Pemahaman tulisan31-6731485663
TOTAL*310-677337460543627

Skor “ambang batas” adalah skor minimum untuk setiap tingkat. Untuk dapat mengatakan bahwa Anda memiliki tingkat kemahiran tertentu dalam berbahasa Inggris berdasarkan skor TOEFL ITP, Anda tidak hanya harus mendapatkan total skor minimum, tetapi juga skor minimum untuk setiap seksi. CECRL menganggap bahwa tingkat penguasaan bahasa didasarkan pada beberapa keterampilan berbahasa yang saling melengkapi dan tidak dapat digantikan. Oleh karena itu, beberapa institusi akan sering mensyaratkan keduanya, yaitu skor total minimum dan skor minimum untuk setiap seksi.

*Skor total adalah skor rata-rata seksi dikalikan 10, kecuali untuk total skor “ambang batas” pada tingkat C1.

Mari kita ambil contoh!

Anda mendapatkan skor:

  • Pemahaman lisan: 49
  • Tata bahasa dan ekspresi tulisan: 47
  • Pemahaman tulisan: 51
  • Total: 490 ((49+47+51) : 3 x 10)

Dengan skor itu, Anda melewati tingkat B1, baik untuk setiap seksi maupun untuk keselurahan tes (47-43-48-460). Berdasarkan skor TOEFL ITP tersebut, dapat dikatakan bahwa Anda mencapai level B1.

Berapakah skor yang harus didapatkan untuk mencapai tujuan saya?

Menurut ETS, pada tahun 2015, 50% kandidat TOEFL ITP di seluruh dunia mendapatkan skor kurang dari atau sama dengan 470 (tingkat B1).

Untuk membandingkan hasil yang diperoleh berdasarkan jenis kelamin atau negara, lihatlah laporan statistik tahunan IETS berikut: ringkasan data mengenai tes dan skor.

Pada tahun 2015, orang Prancis memperoleh rata-rata skor TOEFL:

  • Pemahaman lisan: 54
  • Tata bahasa dan ekspresi tulisan : 53
  • Pemahaman tulisan: 55
  • Total: 543, atau skor “ambang batas” tingkat B2

Dalam kaitannya dengan tingkat rata-rata pelamar Prancis, banyak lembaga pendidikan tinggi (seperti HEC) mensyaratkan tingkat B2 kepada mahasiswa mereka, untuk masuk ke program studi atau untuk mobilitas internasional. Sebagai contoh, Ecole Nationale de Météorologie National (melekat pada Institut Toulouse INP) mensyaratkan mahasiswanya mendapatkan skor 550/677 untuk masuk ke sekolah teknik.

atteindre son objectif de score au toefl itp

Simpulan, untuk masuk sebuah program universitas, Anda disarankan untuk menargetkan setidak-tidaknya tingkat B2 dan mendapatkan skor “ambang batas” yang ditentukan oleh ETS, baik skor setiap bagian maupun skor secara keseluruhan, yaitu: 54-53-56-543.

Untuk membantu mencapai tujuan dan mengoptimalkan skor Anda, lihatlah artikel saran dan strategi TOEFL ITP!

Raihlah tujuan Anda dengan GlobalExam

Seperti telah dipahami, skor yang Anda targetkan bergantung pada tujuan dan tantangan yang menyertainya. Untuk memastikan pencapaian tujuan tersebut, Anda perlu berlatih tes dengan strategi. GlobalExam menawarkan metode pelatihan lengkap yang akan memungkinkan Anda untuk membiasakan diri dengan teknik dan struktur tes dalam beberapa minggu. Caranya adalah dengan mode pelatihan yang menggunakan latihan standar dan mode ujian yang menggunakan simulasi ujian TOEFL dengan kondisi seperti ujian yang sebenarnya. Cara di atas adalah cara yang termudah untuk meningkatkan tingkat kemampuan berbahasa Inggris agar Anda dapat memberikan yang terbaik pada hari H.

Mulailah dengan pelatihan gratis tes TOEFL ITP. Anda hanya perlu mendaftar!

Artikel lain yang mungkin menarik bagi Anda:

Latihan gratis