Mengapa belajar bahasa Inggris secara daring?

Teknologi “baru”, yang sebenarnya juga tidak begitu baru, memungkinkan kita untuk memahami kehidupan dengan cara yang betul-betul radikal. Masih ada semacam ketidakpercayaan terhadap pendidikan secara daring yang dianggap sebagai antisosial dan tidak efektif.

Tanpa bermaksud menggantikan pengajaran tradisional, teknologi adalah kontribusi yang cukup besar, asalkan, seperti lazimnya dengan alat digital, teknologi hanyalah alat dan tidak menjadi tujuan akhir. Singkatnya, teknologi harus digunakan dengan bijak.

Pelajarilah bagaimana belajar bahasa Inggris secara daring berdasarkan level awal Anda.

Mulai secara gratis

Jadi mengapa memilih solusi secara daring?

  • Karena praktis. Dengan belajar secara daring, Anda dapat mengatur pembelajaran pada waktu dan hari yang Anda inginkan, tanpa harus mendaftar pada kursus yang berlangsung pada hari dan waktu tertentu. Bahkan, dalam sekejap, Anda dapat memutuskan untuk menyediakan waktu untuk belajar jika ada waktu luang, secara tiba-tiba tanpa direncanakan. 
  • Karena lebih murah. Belajar melalui kursus secara daring lebih ramah energi dan biaya. Tidak perlu melakukan perjalanan, tidak ada sewa ruangan, tidak ada pengajar khusus yang harus dibayar.
  • Karena pembelajaran Anda sepenuhnya bersifat individual.

Jadi mengapa memilih solusi secara daring?

Batas pembelajaran secara daring

  • Anda harus benar-benar termotivasi untuk berlatih secara teratur. Aktifkan dan patuhi notifikasi. Jelas bahwa dalam pengajaran tradisional, keharusan melakukan perjalanan dan menghadiri kursus bersifat lebih mengikat, tetapi pengajaran secara daring adalah cara yang tepat untuk menguji motivasi seseorang.
  • Sebaiknya, miliki koneksi internet yang bagus.
  • “Semua serba internet” dapat menyebabkan kejenuhan, terutama jika Anda sudah terkoneksi secara daring untuk urusan pekerjaan. Kehidupan yang seimbang akan mengatasi masalah tersebut.
  • Keterampilan berbicara kurang terlatih. Namun demikian, kemungkinan berinteraksi melalui Skype, Zoom atau aplikasi lainnya seperti Hello Talk akan menciptakan kondisi yang sama seperti di kelas (bahkan, mungkin lebih baik, karena Anda berbicara secara intensif, sementara di kelas, interaksi terbagi sesuai jumlah pemelajar, yang jarang merupakan penutur asli). Selain itu, sekarang, banyak kamus daring juga menawarkan pilihan pengucapan.

Apakah tingkat yang dipilih: pemula, menengah, atau lanjut?

Itu tergantung pada tingkat kemahiran Anda. Ada beberapa cara untuk mengevaluasinya.

Apakah Anda mengetahui tingkat kemahiran Anda sesuai dengan Kerangka Acuan Bersama Eropa untuk Bahasa (CECR)? Cukup sederhana, berikut ini adalah perbandingannya.

CECRTingkat
A1-A2Pemula
B1-B2Menengah
C1-C2Lanjut

Ketahuilah bahwa dalam konteks sekolah, kemahiran siswa pada saat lulus bangku Sekolah Menengah Atas rata-rata berada pada tingkat B2, artinya Anda dapat mengambil bagian dalam suatu percakapan, Anda memahami sebagian besar media, dll. Berdasarkan hal itu, Anda dapat memilih tingkat yang sesuai dengan kemahiran Anda. Namun, mungkin yang terbaik, selain analisis di atas, adalah dengan melakukan tes penentuan tingkat kemahiran yang kami tawarkan pada platform Business English.

Perbedaannya adalah platform kami didedikasikan untuk bahasa Inggris profesional. Hal itulah yang secara signifikan membedakan bahasa Inggris profesional dengan bahasa Inggris akademis yang Anda peroleh di sekolah dan universitas (kecuali, tentu saja, jika Anda telah mengikuti pendidikan di Sekolah Bisnis).

Platform kami benar-benar dirancang untuk meningkatkan kemahiran pada bidang-bidang berikut.

Mengembangkan kemahiran berbahasa Inggris dengan Business English.

Setiap tingkat menawarkan pembelajaran tentang situasi tertentu melalui audio yang dilengkapi dengan transkripsi, daftar kosakata, dan dihubungkan dengan serangkaian latihan beserta koreksi mandiri. Koreksi dirancang untuk memudahkan mengingat (memorisasi).

Setiap tingkat terdiri atas sekitar 10 tema, masing-masing dengan beberapa situasi, mulai dari 5 sampai dengan 10 atau secara total, terdapat sekitar 20 jam latihan per tingkat.

Sebagai contoh: tingkat pemula

Intervensi secara efektif dalam rapat/pertemuan6 situasi
Menulis surel (email) sederhana10 situasi
Mengelola percakapan telepon sederhana8 situasi
Menerima pengunjung7 situasi
Memahami proyek9 situasi
Menyiapkan perjalanan ke luar negeri5 situasi
Mempersiapkan diri untuk wawancara kerja8 situasi
Memahami perbedaan budaya6 situasi
Menguasai teknik penjualan8 situasi
Kosakata untuk kelangsungan hidup5 situasi
Memperbaiki dasar-dasar (fundamental)21 situasi

Untuk tingkat berikutnya, tema yang sama akan diulang, tetapi dengan pendalaman dan komplikasi atas situasi yang dideskripsikan. Komplikasi tidak selalu bersifat linguistik, tetapi kadang-kadang komplikasi berasal dari situasi itu sendiri. Sebagai contoh, bagaimanakah menghadapi hal yang tidak terduga? Hal yang tidak terduga memerlukan penggunaan keterampilan berbahasa yang sangat terfokus dan spesifik.

Tentu saja, beberapa situasi mungkin lebih familiar atau dekat dengan Anda daripada situasi yang lain. Beberapa situasi berkaitan dengan teori ekonomi yang paling disoroti, seperti manajemen interkulturalitas di perusahaan. Untuk memaksimalkan semua peluang Anda, jangan ragu untuk mengerjakan semua bagian, bahkan yang tampaknya familiar bagi Anda.

Pelajarilah bahasa Inggris dengan cepat berkat GlobalExam!

Latihan gratis