Ungkapan yang biasa digunakan dalam bahasa Inggris bisnis yang harus Anda pelajari “from day one”!

Pada berbagai situasi dalam dunia bisnis, seperti saat rapat kerja, atau saat dimulainya konferensi video sambil bercakap-cakap informal di seputar kopi, Anda dan kolega Anda membahas berbagai topik sesuai dengan bidang spesialisasi Anda: perbankan, pasar saham, pemasaran, sumber daya manusia, dll. Pada saat yang sama, Anda juga berbicara tentang kesulitan yang harus diatasi untuk menyelesaikan laporan, atau Anda menceritakan betapa sulitnya mengelola klien terakhir Anda.

Dalam hal itu, dan seperti dalam semua bidang, Anda akan menyadari bahwa terdapat jargon, yaitu, terminologi spesifik untuk bahasa Inggris bisnis yang terdiri atas ungkapan yang tidak transparan dan kadang-kadang maknanya sulit dipahami.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan kepada Anda mengenai lima ungkapan bahasa Inggris yang biasa digunakan dalam dunia bisnis.

Ungkapan yang biasa digunakan dalam bahasa Inggris bisnis yang harus Anda pelajari “from day one”!

Mulai secara gratis

Mengapa mempelajari ungkapan?

Anda perlu mengetahui dan belajar menempatkan ungkapan (dalam bahasa Inggris, disebut dengan idiom) yang merupakan bagian dari banyak jargon bahasa Inggris bisnis. Dengan demikian, Anda dapat berpartisipasi aktif dalam percakapan, memahami dengan lebih baik apa yang kolega Anda ceritakan, dan mengekspresikan diri Anda dengan lebih mudah ketika bertemu dengan kolega lain, pelanggan, atau pemasok (supplier). Sebelum memperkenalkan lima ungkapan bahasa Inggris bisnis yang perlu diketahui, mari kita lihat terlebih dahulu apakah yang dimaksud dengan ekspresi/ungkapan idiomatik.

Idiom merupakan ungkapan beku yang maknanya tidak harfiah atau bermakna berbeda dari makna unsur kata yang membentuknya. Idiom bersifat informal, dan oleh karena itu, berhati-hatilah untuk tidak memasukkannya ke dalam laporan atau surel (email) yang bersifat profesional. Akan tetapi, idiom akan membuat percakapan Anda sehari-hari bersifat lebih alami dan spontan.

Perhatian: kata yang membentuk ungkapan idiomatik dan urutannya biasanya sudah beku, dan tidak dapat diubah dengan cara apa pun. Baiklah, let’s get down to business! Setelah membahas hal-hal yang bersifat umum di atas, kita akan langsung berfokus pada lima ungkapan yang akan dipelajari pada hari ini.

Lima ungkapan dalam bahasa Inggris bisnis yang perlu diketahui

1. Get off the ground: ungkapan ini digunakan ketika berbicara tentang proyek atau produk yang akan ‘tumbuh, berkembang, atau lepas landas’. Mari kita ambil contoh berikut.

  • Julien wanted to create a driving simulator for driving schools, but he didn’t find any funding, so his project didn’t get off the ground!
    (‘Julien ingin membuat simulator mengemudi untuk sekolah mengemudi, tetapi dia tidak mendapatkan pendanaan, sehingga proyeknya tidak dapat berkembang.’)

2. To touch base: ungkapan ini bermakna ‘menghubungi’ atau ‘menghubungi kembali’. Ungkapan ini dapat digunakan untuk merujuk pada wawancara pertama atau janji pertemuan untuk memperjelas atau mengklarifikasi sesuatu. Perhatikan contoh berikut.

  • We’ll touch base next week once you’ll have inserted all the corrections to the project.
    (‘Kita akan saling menghubungi minggu depan setelah Anda memasukkan semua koreksi atas proyek.’)

3. Cut Corners: kita menggunakan ungkapan ini untuk mengatakan bahwa kita ‘melakukan sesuatu dengan cara yang paling cepat, paling ekonomis, atau paling mudah’. Dengan kata lain, kita memotong biaya atau tahapan. Konotasi ungkapan ini agak negatif. Perhatikan contoh berikut.

  • Do not cut corners on any of the editorial processes because the result can be disastrous.
    (‘Jangan mengambil jalan pintas dengan menghilangkan salah satu tahapan dalam proses editorial karena hasilnya bisa sangat buruk.’)

4. This is like putting socks on an octopus: Anda akan setuju dengan kami jika gambaran atas ungkapan itu berbicara tentang ‘kemustahilan’, karena memakaikan kaus kaki ke gurita tidaklah mudah… Perhatikan contoh berikut.

  • The client has asked me to change the cover, which at this point, is like putting socks on an octopus!
    (‘Klien meminta saya untuk mengubah sampul, yang pada tahap ini, adalah sesuatu yang mustahil.’)

5. To be promoted to a customer: secara harfiah berarti ‘dipromosikan kepada pelanggan’, arti yang sedikit absurd! Sebenarnya, ungkapan itu digunakan untuk mengatakan bahwa ‘seseorang telah dipecat’. Perhatikan contoh berikut.

  • Louis has been promoted to a customer, so now, he’s updating his CV to begin the process of job-hunting.
    (‘Louis telah dipecat, dan sekarang dia sedang memperbarui CV-nya untuk memulai pencarian kerja.’)

Apakah Anda ingin terus belajar lebih banyak ungkapan idiomik khas bahasa Inggris bisnis untuk berkomunikasi dengan kolega Anda seperti penutur asli? Gampang sekali, tidak ada yang lebih mudah dari itu! Di GlobalExam, kami telah menciptakan sebuah program, Business English, sumber materi yang tersedia untuk Anda sehingga Anda dapat mengembangkan kemahiran berbahasa dalam perspektif profesional.

Berlatih bahasa Inggris profesional dengan Business English

Anda akan menemukan pelatihan untuk tiga tingkat yang berbeda, yaitu tingkat pemula, menengah, dan lanjut. Setiap jalur pelatihan disesuaikan dengan tujuan tertentu. Pada “jalur keterampilan”, Anda akan menemukan latihan untuk tugas sehari-hari (surel, rapat/pertemuan, penjualan, dan tentu saja, kosakata dan tata bahasa); “jalur karier” untuk berlatih secara khusus di bidang yang Anda minati; dan “jalur industri” yang antara lain berfokus pada sektor pariwisata dan perbankan,…

Selain itu, Anda akan menemukan konten dengan situasi komunikasi yang terskenario dan berbagai situasi kehidupan profesional, sehingga membuat belajar menjadi jauh lebih menyenangkan dan menarik!

Dengan keseriusan yang menjadi ciri khas kami, kami juga menawarkan koreksi terperinci dan sertifikasi di setiap akhir jalur pelatihan!

Temukanlah versi gratis platform dan lembar pelajaran gratis kami!

Latihan gratis