Meningkatkan kemahiran berbahasa Inggris secara tulisan lebih mudah bagi mahasiswa yang belajar secara otodidak, tetapi sebaliknya, berlatih berbahasa Inggris secara lisan tidak mudah.

Bagaimanakah caranya dan apa sajakah alat atau metode pembelajaran bahasa Inggris yang benar-benar mumpuni untuk dapat berbicara secara lisan?

Berikut ini adalah beberapa saran, yang kami harap, akan dapat membantu Anda.

Mulai secara gratis

Lima saran dari GlobalExam untuk meningkatkan kemahiran berbahasa Inggris secara lisan

1. Mendengarkan

Salah satu saran yang tidak terlalu terpikirkan adalah “mendengarkan”, bahkan sebelum Anda mencoba untuk berbicara. Seperti diketahui bahwa ketika lahir, anak-anak belum dapat berbicara. Namun, mereka seperti spons, menyerap semua suara yang didengar. Secara umum, mereka belajar berbicara dengan cara meniru lingkungan sekitar.

Tentu saja, otak orang dewasa telah kehilangan kapasitasnya untuk menyerap seperti pada anak-anak. Namun, bagaimanapun, menempatkan diri dalam perilaku empatik, yang pada akhirnya membuat Anda belajar dengan cara mendengarkan dan menirukan intonasi, kata, dan ungkapan, sangatlah efektif.

Cara tersebut merupakan tindakan yang penuh rasa kerendahan hati, suatu kelebihan yang harus dimiliki dalam belajar bahasa. Kita “meniadakan diri” untuk sementara waktu, kemudian berbaur menjadi satu dengan dunia budaya dari bahasa yang kita pelajari.
Sekarang, perhatikanlah dengan cermat saran berikut ini yang akan menunjukkan di mana Anda dapat mendengarkan bahasa Inggris.

Mendengarkan

2. Memilih materi sumber lisan dengan bijak

Mendengarkan bahasa Inggris itu mudah, sangat mudah, bahkan terlalu mudah. Begitu mudahnya sehingga kita bahkan tidak perlu repot-repot mencari sumber materinya.

Berikut ini adalah beberapa cara yang perlu dikembangkan agar kemampuan pemahaman Anda berbahasa Inggris dapat bermanfaat sebanyak mungkin.

  • Pertama-tama, jelas bahwa kita akan jauh lebih termotivasi ketika memilih subjek yang setidak-tidaknya menarik perhatian kita. Tentu saja, setiap subjek dapat digunakan dan pengetahuan budaya secara umum adalah penting. Namun, bagaimanapun telah terbukti bahwa menggabungkan tujuan linguistik dengan tujuan pribadi yang konkret (mulai dari hobi atau kegemaran) dan tujuan profesional yang sangat spesifik, jauh lebih mungkin untuk membuat kegiatan belajar menjadi efektif daripada pembelajaran yang agak bersifat ensiklopedis.
  • Selain YouTube, media pendukung seperti TED Talks menawarkan basis latihan yang sangat baik dengan takarir (subtitle), terjemahan, dan topik yang sering menginspirasi. Biasakanlah menontonnya secara teratur! Sebagai contoh, Anda akan menemukan banyak topik yang berbicara tentang bisnis. Demikian pula dengan beberapa podcast yang dapat menarik minat Anda, seperti Freakonomics Radio. Manfaatkan pula tren baru MOOC, kuliah secara daring yang memungkinkan Anda belajar sebanyak mungkin dari rumah. Karena jumlahnya yang banyak, pilihlah salah satu kuliah yang ditawarkan oleh universitas berbahasa Inggris.
  • Tahukah Anda bahwa terdapat situs dan aplikasi yang dapat membantu meningkatkan kemampuan pengucapan dalam bahasa Inggris? Manfaatkanlah situs dan aplikasi tersebut!

3. Bagaimanakah mengembangkan apa yang Anda dengar?

Dua aspek pembelajaran saling berkombinasi ketika kita mempelajari suatu bahasa, yaitu pembelajaran pasif dan pembelajaran aktif.

Pembelajaran pasif mencakup cara belajar dengan mendengarkan sesuatu dan menyerap dengan segera atau dengan mudah apa yang dipelajari. Sedikit seperti anak-anak yang mereproduksi apa yang didengar. Pada masa dewasa, mekanisme itu masih ada, tetapi jauh lebih lambat. Mekanisme itu bekerja terutama pada orang yang berbakat dalam bahasa dan orang yang berempati tinggi, yang jumlahnya tidak terlalu banyak.

Beberapa video di YouTube atau di situs institusional dan akademik Inggris/Amerika menawarkan kegiatan edukasi yang siap pakai. Namun, sebagian besar dokumen yang Anda temukan di internet tidak memiliki cakupan pendidikan yang terorganisasi. Dalam hal itu, Andalah yang memutuskan untuk mengambil pena dan mencatat. Tinggalkan ide bahwa jika Anda masih berada pada tingkat pemula atau menengah, Anda harus mencatat semuanya. Catatlah hal-hal tertentu saja dan pelajarilah. Proses itu adalah pembelajaran aktif. Untuk itu, ambillah dokumen yang sedikit berada di atas tingkat kemampuan Anda, dokumen singkat jika memungkinkan.

Namun, pada pembelajaran yang lebih pasif, yang akan sering didasarkan pada pengetahuan atas materi yang telah dipelajari untuk mempercepat penguasaan pengetahuan, ambillah dokumen yang lebih panjang dan berada sedikit di bawah tingkat kemampuan Anda.

4. Menemui penutur asli bahasa Inggris di sekitar Anda

Tidak ada yang lebih baik selain menemui penutur bahasa Inggris untuk berbicara bahasa Inggris dan meningkatkan kemahiran berbahasa secara lisan.

Asosiasi, meet-up, teater dalam bahasa Inggris, perhatikanlah dengan saksama kegiatan yang ada di kota atau wilayah Anda dan kunjungilah acara tersebut. Buat jejaring berbahasa Inggris. Klien atau mitra Anda adalah pihak yang juga dapat membantu meningkatkan kemahiran berbahasa. Penting bagi Anda untuk menerapkan dengan cepat apa yang telah dipelajari kepada mereka. Namun, jangan menjadikan mereka sebagai kelinci percobaan, jangan mencampuradukkan belajar bahasa Inggris, bisnis, dan memiliki narahubung penutur bahasa Inggris di luar pekerjaan Anda.

Situs pertukaran bahasa secara daring juga dapat membantu Anda bertemu dengan orang-orang yang ingin berinteraksi dalam bahasa asing. Situs itu akan memungkinkan Anda memperbaiki bahasa Inggris untuk berbicara tanpa aksen!

5. Tahukah Anda bahwa GlobalExam menawarkan modul secara daring untuk meningkatkan kemahiran berbahasa Inggris?

Tingkatkanlah kemahiran berbahasa Inggris profesional secara lisan dan tulisan berkat Business English! Temukanlah lebih dari lima ratus situasi kehidupan profesional, dengan video bimbingan dan latihan yang dikoreksi.

Pilihlah jalur karier, jalur keterampilan atau jalur berdasarkan tingkat kemahiran, dan capailah kemajuan pesat dalam berbahasa Inggris bisnis! Pelajarilah juga kosakata bahasa Inggris dengan lembar pelajaran kami!

Latihan gratis