Pentingnya kosakata saat mempelajari suatu bahasa

Anda sedang melakukan percakapan telepon dengan klien Anda dan tiba-tiba Anda lupa suatu kata. Anda mulai terbata-bata dan Anda berusaha mencari kata-kata untuk menjelaskan maksud Anda sehingga suara Anda terdengar kurang meyakinkan. Semua orang pasti sudah pernah mengalami situasi ini bukan?
Pertama, mari kita berhenti menuntut diri kita sendiri. Situasi seperti ini normal ketika kita baru belajar bahasa.
Kedua, mari kita hadapi kenyataan: kita semua ingin menghindari situasi semacam ini dalam konteks profesional, di mana penampilan memainkan peran yang penting baik secara kita sadari maupun tidak.

Bagaimana cara membangun kosakata Anda dan memperoleh kefasihan berbahasa ?

Ikuti kami, kami akan memandu Anda dengan kiat-kiat praktis kami melakukannya dengan Bahasa Inggris Bisnis!

Mulai secara gratis

10 kiat untuk belajar kosakata bahasa Inggris

1. Catat!

Jika Anda mendengar kata baru, catat kata itu. Belilah buku catatan untuk mencatat setiap kata baru. Ketika Anda mendapatkan kata baru dan menulisnya di buku catatan Anda, Anda akan lebih mudah untuk mengingatnya. Ini bukan berarti Anda harus mencatat semua kata baru yang Anda temukan. Akan tetapi catatlah kata-kata baru yang tidak mudah diingat atau mungkin dapat langsung bermanfaat untuk pekerjaan Anda.

2. Belajar kata-kata berdasarkan kelompok kata

Anda telah mempelajari kata baru! Selamat. Tahukah Anda bahwa Anda dapat belajar kata-kata baru pada saat yang bersamaan? Anda cukup mencari kata-kata dari kelompok kata yang sama. Anda telah mempelajari kata sifat, Anda dapat juga mempelajari kata benda dan kata keterangan. Misalnya jika itu kata kerja, cari tahu apakah kata kerja ini dapat ditambahkan dengan preposisi, jika demikian, yang mana, dll.

3. Membuat visualisasi

Jika Anda orang yang visual, Anda dapat menggambar atau membuat ilustrasi untuk kosakata yang Anda pelajari sehingga dapat membantu Anda untuk menghafal kosakata baru. Anda juga dapat membuat kartu dengan kosakata yang Anda pelajari sendiri.

4. Mendengarkan dan membaca

Anda harus sering mempraktikkan kosakata baru yang Anda pelajari dalam situasi sehari-hari. Anda dapat mendengarkan podcast sambil melakukan aktivitas sehari-hari Anda, misalnya ketika Anda berolah raga, membersihkan rumah, dalam transportasi atau membaca sehingga dapat memungkinkan Anda untuk mendengarkan dan membaca kosakata baru. Anda tidak perlu untuk memahami dan menganalisis semuanya; tetapi dari waktu ke waktu, Anda dapat mencatat kosakata yang penting.

5. Cari sinonim dan antonim

Dengan cara yang sama ketika mengerjakan kata-kata dari kelompok kata yang sama, Anda dapat mencari sinonim dan antonim dari kosakata baru yang Anda pelajari. Hal ini akan membantu Anda dalam membangun kosakata Anda.

6. Gunakan kamus

Ada dua jenis kamus, yaitu kamus dwibahasa dan kamus ekabahasa.

Kamus dwibahasa ini misalnya kamus bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Seringkali kamus ini berisi kata yang paling umum yang diusulkan, tanpa memperhitungkan konteks atau pun situasi tertentu.

Gunakan kamus

Yang mungkin menarik bagi Anda adalah mencari arti kata ini dalam suatu bahasa, yang merupakan latihan linguistik tambahan. Ekabahasa berhubungan dengan kamus sepenuhnya dalam bahasa Inggris, yang menjelaskan keadaan yang tepat di mana suatu kata digunakan.

Anda dapat menggunakan dua jenis kamus ini secara bergantian karena ini dapat menjadi cara yang efektif untuk menambah kosakata Anda. Ditambah lagi ketika Anda membaca definisi suatu kata dalam bahasa Inggris, hal ini dapat mengarah pada pencarian kata baru sehingga kosakata Anda semakin bertambah.

7. Lakukan pengecekan secara rutin

Membuat daftar, mencari sinonim, dll … Itu sangat bagus. Kecuali bahwa dari waktu ke waktu, Anda harus memperbarui pengetahuan Anda.

Saat Anda belajar, dua memori diaktifkan: memori jangka pendek dan memori jangka panjang. Untuk menghindari kemandekan dalam pembelajaran Anda dan hanya menggunakan memori jangka pendek Anda, baca kembali dokumen dan catatan Anda, ambil stok prestasi Anda secara rutin, periksa dan revisi daftar Anda dan lakukan penyortiran.

Tidak semua kata yang Anda tulis akan berguna dalam waktu dekat. Dalam hal ini, pilihlah kosakata yang berguna untuk karir Anda.

8. Tentukan tujuan Anda

Misalnya, belajar satu kata per hari. Dapat menghafalkan sepuluh kata setiap hari Sabtu. Belajar kosakata bahasa Inggris mengenai keuangan saat berlibur. Berlatih berbicara bahasa Inggris tanpa aksen.

Adapun itu, intinya adalah Anda memiliki tujuan yang membuat Anda terus belajar dan termotivasi.

9. Praktikkan

Tentu saja, kosakata dipelajari … saat kita gunakan. Bahkan semakin bagus apabila kita mempelajari kosakata dari pengalaman pribadi kita.

Misalnya, ketika Anda kehilangan kontrak karena Anda tidak mengerti arti kata “schedule”, jangan khawatir, lain kali Anda bertemu kata itu, Anda akan langsung mengingatnya. Yang ideal, tentu saja Anda sudah mengetahui arti kata “schedule” sebelum wawancara Anda dengan klien potensial sehingga Anda tidak kehilangan kontrak.

Semakin sering Anda berbicara bahasa Inggris, semakin bagus kemampuan lisan bahasa Inggris Anda, carilah waktu sebanyak mungkin untuk berlatih !

10. Gunakan semua materi pendukung favorit Anda

Anda pasti suka menonton video YouTube? Anda dapat menonton video di YouTube mengenai bahasa Inggris profesional. Anda suka melihat konferensi? Pilihlah konferensi dalam bahasa Inggris yang terkait dengan keuangan, misalnya di TED Talks. Jadi kosakata yang telah Anda pelajari dapat digunakan, dan Anda memiliki kesempatan untuk mempelajari kata-kata dan ungkapan baru.

Dapatkan kiat-kiat dari kami supaya Anda tetap termotivasi untuk belajar bahasa Inggris.

Berlatihlah dengan platform Business English kami

Latihan yang kami berikan untuk Anda lakukan melalui daftar kiat-kiat dari kami, merupakan pelengkap dari latihan yang Anda lakukan di platform kami. Anda akan menemukan latihan kosakata di platform kami yang akan membantu Anda meningkatkan kualitas bahasa Inggris profesional Anda.

Latihan gratis