Bagikan

Bagaimanakah memperbaiki aksen bahasa Inggris?

Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, baik untuk bepergian maupun untuk bekerja, bahasa Inggris telah menjadi bahasa yang sangat penting, bahkan sangat diperlukan di dunia, sekarang ini.

Namun, menguasai pengucapan dapat menjadi bagian yang paling sulit dalam belajar bahasa Inggris. Besar kemungkinan, kita tidak dapat dimengerti karena aksen, sebab arti kata dapat berubah bergantung pada pengucapan.

Setiap bahasa memiliki fonetiknya sendiri. Bahasa Inggris dapat memiliki bunyi yang sama sekali berbeda dengan bunyi dalam bahasa ibu, sehingga kita perlu belajar membuat bunyi yang baru. Akan tetapi, meskipun sulit, hal itu tidak sepenuhnya mustahil dengan banyak berlatih dan dengan pembelajaran yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa kiat untuk memperbaiki aksen.

Mulai secara gratis

Memperhatikan hal-hal kecil

Kita tidak terlalu menyadarinya, tetapi bentuk mulut kita memainkan peranan penting dalam pengucapan kata. Meskipun tidak mudah, sangatlah mungkin memperbaiki gerakan bibir kita. Langkah pertama adalah dengan mengamati dan memperhatikan hal itu. Bahkan, terdapat beberapa teknik yang dapat digunakan untuk memperbaikinya, misalnya dengan mengamati orang lain dan melihat bentuk bibir mereka ketika berbicara, kemudian mencoba mereproduksinya di depan cermin. Cara itu adalah yang termudah untuk mengetahui apakah mulut kita bergerak dengan benar.

Memperhatikan hal-hal kecil

Selain itu, ada juga lidah. Namun, karena lidah bergerak secara alami, kita tidak terlalu memperhatikan gerakannya. Padahal, gerakan itulah yang menentukan bunyi yang keluar ketika kita berbicara. Terdapat beberapa latihan yang harus dilakukan untuk memperbaiki hal itu, misalnya untuk pengucapan huruf “L”, lidah harus menyentuh bagian atas mulut, di bagian belakang gigi depan. Untuk “R”, lidah tidak boleh menyentuh langit-langit dan harus bergerak sedikit ke belakang. Sementara untuk “TH”, lidah berada di antara gigi, hembuskan udara, dan biarkan bunyi berlalu di antara gigi, gerakan itulah yang akan menghasilkan bunyi “TH”.

Dekomposisi

Dekomposisi adalah strategi yang sangat sederhana untuk memperbaiki aksen dan meningkatkan kemahiran berbahasa Inggris secara lisan. Caranya adalah dengan memisahkan kata berdasarkan suku katanya dan mengubahnya menjadi bunyi, seperti “FOR-EV-ER”. Hal itu juga akan memudahkan pengucapan kata. Agar tidak keliru tentang jumlah suku kata, Anda cukup menempatkan tangan beberapa milimeter dari dagu dan kemudian perlahan-lahan membaca kata, keduanya akan bersentuhan di setiap suku kata. Ketika baru mulai belajar, kita cenderung beranggapan bahwa kita perlu berbicara dengan cepat. Padahal, tidak demikian, Anda harus meluangkan waktu untuk mengasimilasi setiap bunyi dan mengeluarkannya dengan cara sebaik mungkin.

Mendengarkan

Ketika masih anak-anak, pembelajaran bahasa biasanya dilakukan dengan cara mendengarkan. Mendengarkan orang berbicara dalam kehidupan nyata atau melalui televisi dapat menjadi cara yang tepat untuk menyempurnakan pengucapan. Namun demikian, kita juga harus belajar mendengarkan diri sendiri untuk dapat melihat kesalahan yang harus diperbaiki, misalnya dengan merekam suara kita di smartphone dan mendengarkan ulang untuk melihat apa yang perlu disempurnakan.

Business English dan penyempurnaan bahasa

Dalam dunia bisnis, bahasa Inggris dapat menjadi aset penting karena merupakan bahasa utama di beberapa bidang, seperti perdagangan atau ilmu pengetahuan. Belum lagi saat ini makin banyak pekerjaan memerlukan kemahiran berbahasa Inggris sehingga bahasa tersebut menjadi alat yang sangat diperlukan dalam dunia profesional.

Business English adalah platform secara daring yang membantu Anda meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris. Jika Anda mengharapkan hasil yang cepat dan efektif, pilihlah Business English. Platform ini menawarkan kesempatan berlatih sesuai dengan ritme Anda sendiri dan dengan program yang berbeda disesuaikan untuk semua tingkat, yaitu tingkat pemula, menengah, atau lanjut.

Penggunaan situs internet sebagai media pendukung belajar juga menawarkan banyak keuntungan di bidang profesional melalui beberapa aktivitas yang sangat membantu dalam belajar bahasa Inggris bisnis dan membuka peluang karier. Anda dapat berlatih pada beberapa modul dan latihan yang secara khusus disesuaikan dengan tingkat kemahiran Anda. Kemudian, latihan itu akan dikoreksi sehingga Anda dapat dengan cepat memahami dan dapat menggunakan bahasa Inggris.

Perlu dicatat bahwa beberapa jalur pelatihan ditujukan untuk memperoleh keterampilan dan kosakata di bidang tertentu seperti pariwisata, perdagangan, dll. Pelatihan akan dilakukan melalui konten dengan bimbingan dan dengan situasi komunikasi yang terskenario. Platform ini juga menawarkan beberapa teknik untuk mengembangkan kemampuan Anda dalam memahami berbagai aksen dan lawan bicara.