Bagikan

Evaluasi tingkat bahasa Inggris Anda dengan skor TOEFL iBT Anda!

TOEFL IBT® adalah suatu keharusan jika Anda ingin belajar di luar negeri. Tes ini digunakan oleh lebih dari 10 000 lembaga di seluruh dunia. Skor Anda pada ujian ini akan mencerminkan level Anda. Jadi semakin tinggi level Anda, itu semakin bagus.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, kami menyarankan supaya Anda mengambil pelatihanTOEFL terlebih dahulu. Anda dapat memulainya secara gratis dengan GlobalExam, ahli dalam persiapan tes bahasa!

Berapa  skor TOEFL iBT dinilai ? Berapa skor yang bagus untuk TOEFL iBT ? Bagaimana cara mengetahui level Anda? GlobalExam akan menjelaskan semuanya dalam artikel ini.

Mulai secara gratis

Bagaimana cara penilaian TOEFL iBT?

Setiap bagian dari tes diberi skor maksimum 30 poin. Penilaian skor akhir TOEFL adalah 120 poin.

NB : Urutan tes akan di acak pada saat tes. Setiap kandidat akan mengikuti tes dalam urutan yang berbeda, sehingga para kandidat tidak akan berbicara pada saat yang sama untuk tes Speaking.  Tes Speaking akan dikoreksi oleh guru bersetifikat meskipun dilakukan di komputer.

Berapa skor minimum?

TOEFL iBT tidak untuk mengesahkan level, tetapi untuk mengetahui kemampuan dalam memahami bahasa Inggris, dan mengekspresikan diri. Jadi tidak ada level minimum untuk lulus dari tes ini.

Evaluasi tingkat bahasa Inggris Anda dengan skor TOEFL iBT Anda!

Jadi bukan hanya level bahasa Inggris Anda secara umum yang perlu Anda pelajari, tetapi keterampilan khusus juga. Jadi dengan latihan persiapan tes inilah Anda akan meningkatkan skor Anda. Anda juga sebaiknya mengetahui metode penghitungan skor TOEFL untuk mengoptimalkan persiapan tes.

Berapa skala skor TOEFL?

Setiap bagian dari tes diberi skor berbeda, tergantung pada jumlah pertanyaan dan tingkat kesulitan mereka. Namun, kami dapat mengidentifikasi beberapa level berdasarkan skor Anda.

  • Ekspresi tertulis atau Writing :
    • 1 sampai 16 poin : kemampuan bahasa terbatas
    • 17 sampai 23 : kemampuan bahasa sedang
    • 24 sampai 30 : kemampuan bahasa bagus
  • Ekspresi lisan atau Speaking :
    • 0 sampai 9 poin: kemampuan bahasa rendah
    • 10 sampai 17 poin : kemampuan bahasa terbatas
    • 18 sampai 25 : kemampuan bahasa sedang
    • 26 sampai 30 : kemampuan bahasa bagus
  • Pemahaman lisan atau Listening :
    • 0 sampai 13 : rendah
    • 14 sampai 21 : sedang
    • 22 sampai 30 : bagus
  • Pemahaman tertulis atau Reading :
    • 0 sampai 14 : rendah
    • 15 sampai 21 : sedang
    • 22 sampai 30 : bagus

Secara keseluruhan, skor akhir Anda dapat dikaitkan dengan tingkat bahasa Inggris umum. Apabila Anda mendapatkan :

  • Kurang dari 86 poin : B1
  • Antara 87 dan 109 poin : B2
  • Lebih dari 110 poin : C1

Menetapkan objektif pribadi

Skala ini diberikan sebagai informasi, untuk memungkinkan Anda mengetahui level Anda. Tetapi skor yang baik tergantung sekali dengan objektif Anda. Anda tidak akan memiliki skor yang baik atau buruk, sama seperti Anda tidak dapat gagal dalam ujian. Itu tergantung pada tujuan Anda dan skor yang diminta oleh lembaga Anda. Skor Anda akan memberi Anda indikasi kemampuan Anda dalam memahami dan mengekspresikan diri Anda dalam bahasa Inggris, tetapi hanya Anda sendiri yang dapat menilai tingkat TOEFL Anda.

Pada akhirnya, bahkan jika TOEFL mencoba untuk mencerminkan level Anda setepat mungkin, faktanya tetap bahwa itu hanyalah gambaran dari kemampuan Anda, karena tes ini hanya menguji kemampuan tertentu saja.

Bagaimana cara mendaftar?

TOEFL dikelola oleh ETS (Educational Testing Service), sebuah organisasi nirlaba. Oleh karena itu, Anda harus mendaftar melalui mereka.

Anda juga dapat mendaftar di situs web mereka atau juga melalui telefon. Panggilan dalam bahasa Inggris, Anda harus menghubungi pusat pendaftaran regional.

Berapa skala skor TOEFL?

Anda juga dapat memutuskan untuk mendaftar melalui pos. Anda harus mengirimkan dokumen Anda yang berisi formulir pendaftaran atau Registration Form dan pembayaran Anda ke pusat pendaftaran yang sesuai dengan lokasi ujian Anda.

Berapa harga TOEFL?

Harga tes bervariasi tergantung pada negara dan pusat tes. Anda harus membayar saat mendaftar untuk ujian, baik dengan kartu kredit atau dengan akun Paypal.

Masa berlaku TOEFL iBT?

Skor TOEFL IBT Anda memiliki validitas terbatas, karena merupakan ujian dan bukan diploma. Skor Anda berlaku selama 2 tahun sejak tanggal Anda menerima hasil tes.  Hal ini untuk mencerminkan level Anda se akurat mungkin. Sehingga orang yang menggunakan skor TOEFL tahu bahwa itu telah diperoleh dalam 2 tahun terakhir, dan karenanya dapat dipercaya. Setelah 2 tahun ini, skor Anda tidak lagi berlaku untuk setiap proses yang membutuhkan salinan hasil tes TOEFL Anda.

Anda akan menerima satu salinan sertifikat Anda melalui pos, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk tiba. Anda juga dapat meminta salinan tambahan. Untuk itu, Anda akan dikenai biaya tambahan $ 20 untuk setiap salinan.

Bagaimana cara berlatih untuk TOEFL iBT?

Pelatihan tes memungkinkan Anda untuk membiasakan diri dengan struktur dan jenis pertanyaan tes, sehingga Anda tidak terkejut pada hari ujian.

Di GlobalExam, Anda dapat berlatih secara daring, sesuai dengan ritme Anda sendiri.

​​Platform GlobalExam menawarkan puluhan latihan dan simulasi ujian  yang semuanya dikoreksi secara langsung. Hasil latihan Anda akan disimpan secara otomatis sehingga Anda dapat melihat evolusi kemajuan tingkat bahasa Inggris Anda dan skor yang dapat Anda peroleh di TOEFL.

Untuk dapat menikmati versi latihan gratis, Anda cukup mendaftar!

Artikel lain yang mungkin menarik bagi Anda: