Bagikan

Skor TOEFL : komposisi dan interpretasi

Tes TOEFL adalah tes bahasa Inggris yang memungkinkan Anda untuk mengetahui tingkat kemampuan bahasa Inggris Anda. Ketika Anda lulus ujian, Anda akan mendapatkan skor TOEFL, yang menunjukkan tingkat TOEFL. Skor dan level ini dapat dikaitkan dengan tingkat kemampuan bahasa Inggris umum dan keterampilan berbahasa Anda. Oleh karena itu, ini merupakan indikasi berharga bagi pihak yang ingin mengetahui kemampuan bahasa Inggris Anda.

Anda dapat memulai latihan daring gratis dengan GlobalExam.

Mulai secara gratis

Bagaimana proses penilaian tes TOEFL?

Tes TOEFL ini standar, karena di mana saja tes ini diberikan dengan cara yang sama. Pada akhir dari 4 jam ujian, Anda akan mendapatkan skor, yang terdiri dari beberapa bagian.

Semakin tinggi skor Anda itu berarti kemampuan bahasa Inggris Anda semakin bagus. Untuk mendapatkan nilai TOEFL yang baik, Anda perlu mengetahui struktur dan komposisi skor dari ujian ini.

Struktur TOEFL

Tes TOEFL adalah tes bahasa Inggris yang menilai kemampuan bahasa Inggris Anda. Tes ini terdiri dari 4 bagian :

  • Pemahaman lisan
  • Pemahaman tertulis
  • Ekspresi lisan
  • Ekspresi tertulis

Ada beberapa latihan untuk setiap bagian. Karenanya, materi pendukung yang dapat Anda gunakan sangat berbeda. Anda dapat menjawab pertanyaan pemahaman tentang teks, atau rekaman audio, dan Anda mungkin harus menulis ringkasan tentang pertanyaan terbuka, atau tentang dua dokumen berbeda. Ini adalah tes dengan orientasi akademis, yang berarti tes ini menilai bahasa Inggris Anda dalam situasi yang terkait dengan universitas dan pendidikan tinggi. Skor TOEFL Anda untuk menilai tingkat Anda, berdasarkan bahasa Inggris yang digunakan atau dapat digunakan di dalam kelas dan antar pelajar.

Skor TOEFL : komposisi dan interpretasi

Tes ini adalah tes yang sangat lengkap karena selain menguji tingkat bahasa Inggris Anda secara keseluruhan, juga bervariasi dalam situasi di mana Anda harus berbicara bahasa Inggris. Mengambil tes TOEFL iBT akan menjadi nilai tambah yang sangat bagus untuk Anda. Skor ini tidak hanya mengungkapkan tingkat kemampuan bahasa Inggris Anda, sehingga sangat dihargai oleh perusahaan ataupun lembaga.

Komposisi skor

Setiap bagian dari tes TOEFL iBT (pemahaman lisan, pemahaman tertulis, ekspresi lisan, ekspresi tertulis) dinilai dengan 30 poin. Jumlah jawaban Anda yang benar, atau ekspresi Anda akan dinilai. Keempat skor ini kemudian ditambahkan untuk mendapatkan skor akhir dari tes TOEFL Anda. Keempat bagian ini memiliki bobot dan kepentingan yang sama dalam skor akhir.

Skor akhir Anda adalah 120 poin. Anda bisa mendapatkan 0 hingga 120 poin. Hasil Anda akan tersedia secara daring, sekitar 15 hari setelah tanggal ujian Anda. Anda akan mendapatkan sertifikat TOEFL resmi, yang akan dikirimkan kepada Anda melalui pos ke alamat Anda (sesuai dengan yang Anda berikan saat pendaftaran tes).

Skor Anda akan berlaku selama 2 tahun sejak tanggal ujian. Setelah waktu ini, Anda mungkin akan diminta untuk mengambil tes lagi.

Bagaimana menilai skor TOEFL Anda?

TOEFL adalah ujian, bukan diploma. Anda dapat menilai skor TOEFL Anda tetapi Anda tidak mungkin gagal dalam tes ini. Apa pun skor yang Anda dapatkan, itu akan menjadi skor pada sertifikat Anda, yang akan menunjukkan tingkat Anda. Untuk berhasil dalam tes ini, Anda harus mendapatkan skor yang Anda inginkan. Ini dapat berupa skor yang diminta oleh institusi tempat Anda ingin belajar di luar negeri, atau skor yang diminta oleh universitas Anda. Keberhasilan Anda dalam TOEFL adalah ketika Anda mendapatkan skor yang Anda inginkan.

Menginterpretasikan skor pemahaman atau ekspresi Anda dalam bahasa Inggris

Untuk pemahaman lisan atau pun tertulis, skor Anda dianggap bagus jika Anda mendapatkan lebih dari 22 poin. Anda mengerti bahasa Inggris dengan baik apabila skor Anda di atas 22 poin.

Untuk ekspresi lisan (speaking), skor Anda harus lebih dari 26 poin agar dianggap tinggi. Jika Anda mendapatkan skor seperti itu, berarti Anda berbicara bahasa Inggris dengan baik sesuai dengan TOEFL;

Komposisi skor

Untuk ekspresi tertulis (writing)skor di atas 24 poin adalah yang terbaik. Anda menulis bahasa Inggris dengan baik dan ide-ide Anda terstruktur dengan baik ketika Anda mendapatkan 24 poin atau lebih di TOEFL.

Jika skor Anda lebih rendah dari batas yang ditunjukkan ini, bukan berarti Anda gagal. Indikasi ini diberikan hanya sebagai informasi untuk membantu Anda menginterpretasikan skor Anda. Jika Anda memiliki skor yang lebih rendah bisa berarti level bahasa Inggris Anda menengah.

Interpretasi skor akhir

Namun kadang kita dapat mengidentifikasi skor sebagai cukup baik. Pada umumnya, sekolah meminta skor antara 85 dan 95 poin. Ini sesuai dengan level B2. Ini adalah tingkat bahasa Inggris yang baik, yang memungkinkan Anda untuk belajar atau pun bekerja dalam bahasa Inggris. Untuk perusahaan, ini adalah level yang memastikan pemahaman bahasa Inggris yang baik. Namun, beberapa sekolah meminta skor yang lebih tinggi. Ada sekolah yang meminta skor sekitar 100 poin atau lebih.

Anda dapat membandingkan skor TOEFL Anda dengan skala tingkat CECRL. Untuk informasi Anda, berikut adalah tabel perbandingan antara skor TOEFL dengan skala tingkat CECRL.

Level CECRLA1A2B1B2C1
TOEFL iBT<5657-8687-109110-120

Ini juga mudah untuk membandingkan skor TOEFL dengan ujian bahasa Inggris lainnya. Bahkan jika tes bahasa Inggris untuk menguji keterampilan lain, dan “jenis” bahasa Inggris lainnya, seperti bahasa Inggris profesional, mereka masih dapat dihubungkan dengan tingkat CECRL.

Pendapat para guru

Ada dua jenis koreksi yang berbeda untuk tes TOEFL. Bagian pemahaman lisan dan pemahaman tertulis di koreksi dengan komputer, karena Anda menjawab pertanyaan pilihan ganda.

Untuk bagian ekspresi lisan dan ekspresi tertulis (Speaking & writing), di koreksi oleh guru atau human raters yang akan memperbaiki pekerjaan Anda dan memberi Anda skor. Ada 3 hingga 6 guru yang mengevaluasi pekerjaan dan jawaban Anda.

Untuk mengetahui apa yang sebenarnya diharapkan oleh para guru pengoreksi TOEFL, GlobalExam akan menjelaskan secara terperinci setiap latihan dari bagian speaking dan writing.  Anda juga akan menemukan contoh jawaban, untuk lebih memahami harapan para guru.

Untuk mendapatkan skor TOEFL yang baik, Anda harus membuat persiapan yang bagus untuk ujian ini. Anda telah memperhatikan bahwa tes TOEFL cukup panjang, dengan banyak latihan yang berbeda. Kami menyediakan persiapan tes untuk memungkinkan Anda mengetahui secara rinci struktur tes. Anda dapat meningkatkan skor TOEFL Anda dengan mudah dengan GlobalExam. Anda dapat mencoba latihan daring dari sekarang, dan dapatkan poin dengan cepat!

Artikel lain yang mungkin menarik bagi Anda: