Apa saja instruksi TOEFL?

Tes TOEFL atau (Test Of English as a Foreign Language) adalah tes bahasa Inggris yang sudah terstandar dan telah diakui secara internasional. Tes TOEFL terutama digunakan oleh sejumlah besar universitas Anglo-Saxon (Amerika, Kanada, Inggris, dll.) dan juga oleh banyak sekolah tinggi yang menawarkan kursus dalam bahasa Inggris, untuk penerimaan siswa asing.

TOEFL telah diakui oleh lebih dari 8.500 lembaga pendidikan tinggi, universitas dan lembaga di lebih dari 130 negara. Lebih dari 30 juta tes telah dilakukan sejak 1964, tahun ketika TOEFL dibuat, termasuk 3 juta tes pada tahun 2017.

Mulai secara gratis

Tes ini menilai kemampuan pemahaman Anda, serta ekspresi tertulis dan lisan Anda. Untuk informasi lebih lanjut tentang TOEFL, Anda dapat mengunjungi situs web ETS, yang merupakan administrator tes.

Persiapan TOEFL sebelum tes sangat disarankan karena akan melatih Anda supaya terbiasa dengan jenis pertanyaan yang diajukan dan struktur tes. Ada banyak kiat yang akan memungkinkan Anda untuk mengembangkan strategi yang optimal untuk mencapai tujuan skor tes Anda .

Tes TOEFL atau Test Of English as a Foreign Language telah dikembangkan untuk menilai kemampuan bahasa Inggris bagi penutur yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris dengan jenis pertanyaan yang spesifik. Tes ini telah berkembang selama bertahun-tahun. Saat ini, format yang paling umum adalah TOEFL iBT (Internet Based Test), yang dilakukan secara daring.

Tes ini dibagi menjadi 4 bagian, yaitu : reading, listening, speaking dan writing. Urutan tes selalu sama.

Apa saja instruksi TOEFL?

GlobalExam menawarkan kepada Anda untuk mencoba semua latihan TOEFL iBT dengan gratis.

Instruksi untuk bagian Reading

Bagian TOEFL reading berlangsung antara 60 – 100 menit. Bagian ini terdiri dari 3 atau 5 pertanyaan. Pertanyaan pertama akan berlangsung selama 20 menit. Pertanyaan selanjutnya saling terkait (artinya, mereka terhubung) dan berlangsung selama 40 menit.

Catatan : ETS berhak menawarkan 3 atau 5 pertanyaan. Akan tetapi Anda hanya akan dinilai pada 3 pertanyaan. Jika Anda diminta untuk menjawab 5 pertanyaan, Anda tidak akan tahu pertanyaan yang mana yang akan dinilai. Dengan demikian, ETS juga menguji pertanyaan baru.

Instruksi untuk bagian Listening

Bagian TOEFL listening berlangsung antara 60 – 90 menit. Bagian ini biasanya terdiri dari 6 pertanyaan, tetapi Anda dapat diberikan 9 pertanyaan pada saat ujian. Setiap pertanyaan berlangsung sekitar 10 menit.  Bagian ini akan berlangsung selama 60 menit (dengan 6 pertanyaan) atau 90 menit (dengan 9 pertanyaan).

Kiat 1 : meskipun Anda tahu bahwa Anda hanya akan dinilai pada 3 pertanyaan untuk bagian Reading dan 6 pertanyaan untuk bagian Listening, tetapi Anda mendapatkan pertanyaan lebih banyak pada hari tes, Anda harus tetap fokus sepanjang tes. Karena kita tidak tahu pertanyaan yang mana yang benar-benar akan dinilai.

Kiat 2 : Anda perhatikan bahwa sebelum Anda dapat memanfaatkan waktu istirahat, bagian pertama dari tes (reading dan listening) dapat berlangsung selama 3 jam. Padahal tes ini membutuhkan konsentrasi yang konstan. Karena itu sangatlah penting selama persiapan tes, untuk berlatih dalam kondisi tes yang sesungguhnya (tanpa gangguan) untuk waktu yang lama.

Instruksi untuk bagian Speaking

Setelah istirahat 10 menit di luar ruang ujian, Anda akan melanjutkan dengan bagian TOEFL speaking. Tes yang paling ditakuti, tetapi jangan khawatir!  Bagian speaking berlangsung sekitar 20 menit. Bagian ini terdiri dari 6 pertanyaan di mana Anda harus mengekspresikan diri Anda selama 30 detik hingga 1 menit.

Instruksi untuk bagian Writing

Akhirnya, bagian terakhir dari tes yaitu TOEFL writing yang berlangsung selama 50 menit. Bagian ini terdiri dari 2 tugas menulis, dengan durasi masing-masing 20 menit dan 30 menit.

Beberapa kiat tambahan

Sebelum mengambil TOEFL, saran dari GlobalExam:

  • Daftarkan diri Anda untuk tes ini sesegera mungkin!

Setelah Anda memutuskan tanggal untuk mengikuti ujian, segera pesan tempat Anda. Karena tergantung di mana Anda tinggal dan kapan Anda ingin mengambil tes TOEFL, mungkin tidak ada banyak slot yang tersedia. Untuk mencegah hal itu sebaiknya Anda mendaftar setidaknya 3 bulan sebelum tanggal ujian.

  • Kenali lokasi ujian dan tibalah lebih awal pada hari ujian

Sangatlah penting untuk mengenali tempat di mana Anda akan mengikuti tes sebelum hari H, sehingga Anda dapat mengatur waktu perjalanan untuk sampai ke tempat ujian. Jangan lupa bahwa pada hari ujian, Anda harus datang 30 menit sebelum ujian dimulai.  Kandidat yang datang terlambat dapat ditolak untuk mengikuti tes.

Jangan lupa membawa surat panggilan ujian Anda serta dokumen identitas yang valid (dengan foto dan tanda tangan). Namun, Anda tidak perlu membawa pena atau kertas karena semua itu akan disediakan pada saat tes.

Artikel lain yang mungkin menarik bagi Anda:

Latihan gratis