Bagikan

TOEFL ® Writing – Pengantar

Pada bagian Writing dari TOEFL ini akan mengukur kemampuan Anda untuk menulis bahasa Inggris dalam konteks akademik.

NB : perubahan terkait TOEFL iBT akan berlaku mulai 1 Agustus 2019. Dapatkan konten terbaru dari GlobalExam ! Berlatihlah secara daring dengan gratis saat ini juga!

Mulai secara gratis

Struktur

Bagian TOEFL writing terdiri dari 2 jenis tugas. Anda harus :

  • Menjawab pertanyaan dari teks akademik yang terdiri dari kurang lebih 260 kata dan rekaman perkuliahan tentang subjek yang sama sekitar 1 menit 45 detik.
  • Membuat sebuah tulisan mengenai subjek yang sudah Anda kenal, berdasarkan pada pengetahuan dan pengalaman Anda.

Kronologis

  • Tugas 1 (20 menit):1 rangkuman yang terdiri dari kurang lebih 200 kata
  • Tugas 2 (30 menit):1 tulisan dengan kurang lebih 300 kata

Tugas 1

Objektif

Tugas 1 dari TOEFL writing akan menilai kemampuan Anda untuk menggunakan kembali dengan tertulis dan konsisten informasi yang dibaca dan didengar.

Tema dan materi pendukung

Sama seperti dalam tugas 4 dari TOEFL Speaking, Anda akan diminta untuk menjawab pertanyaan berdasarkan teks dan rekaman audio yang berkaitan dengan subjek akademik. Rekaman audio dapat melengkapi atau meragukan teks. Jawaban Anda harus terdiri dari 150 – 225 kata.

  • Pertanyaan yang diajukan akan meminta Anda untuk menganalisis hubungan antara teks dan rekaman audio. Anda hanya akan dapat mendengarkan rekaman audio satu kali saja, namun teks akan muncul kembali saat Anda mulai menulis jawaban, sehingga Anda akan dapat dengan mudah mengambil ide-ide yang dikembangkan di sana.
  • Tidak seperti tugas 2, Anda tidak diminta untuk memberikan sudut pandang Anda tetapi Anda cukup menuliskan korelasi antara teks dan rekaman audio (saling melengkapi, bertentangan, …).
  • Instruksi : You have 20 minutes to plan and write your response. Your response is judged on the quality of the writing and on how well it presents the points in the lecture and their relationship to the reading passage. Typically, an effective response will be 150 to 225 words. You may view the reading passage while you respond.
  • Contoh : Summarize the points made in the lecture, being sure to explain how they cast doubt on specific points made in the reading passage.

Waktu

Anda mempunyai waktu 3 menit untuk membaca teks. Kemudian Anda akan mendengarkan rekaman audio (sekitar 1 menit 45 detik). Anda memiliki 20 menit untuk menulis jawaban Anda.

Tugas 2

Objektif

Tugas 2 dari TOEFL writing akan menilai ekspresi tertulis Anda dan kemampuan Anda untuk mengatur ide secara tertulis.

Tema dan materi pendukung

Di sesi terakhir di bagian writing dari TOEFL iBT, Anda akan diminta untuk membuat tulisan yang terdiri dari sekitar 300 kata. Anda mempunyai waktu 30 menit menyelesaikan tugas ini. Tidak ada materi pendukung untuk sesi ini.

TOEFL ® Writing - Pengantar

  • Tema: Anda akan diminta untuk membuat tulisan yang berhubungan dengan tema yang sudah akrab bagi Anda: pendidikan, lingkungan sosial (keluarga, teman, …), rekreasi, budaya, olahraga, ekologi, pengetahuan umum …
  • Tidak ada jebakan : penguji tidak mengharapkan Anda untuk menunjukkan pengetahuan Anda tentang subjek yang Anda kuasai dengan sempurna. Akan tetapi, mereka akan memperhatikan tata bahasa, kosakata, kemampuan Anda untuk menyusun tulisan Anda dan mengemukakan alasan Anda dalam tulisan.
  • Instruksi : In this part, you will be asked to write an essay based on a familiar topic and to express your opinion on this topic. Do not forget to use examples and reasons to support your statement. Read the question below. You have 30 minutes to plan, write, and revise your essay. Typically, an effective essay will contain a minimum of 300 words.
  • Contoh 1 : Do you agree or disagree with the following statement? Money can’t buy happiness. Use specific reasons and examples to support your answer.
  • Contoh 2 : Do you agree or disagree with the following statement? A woman should focus on her family life rather than on her career. Use specific reasons and examples to support your answer.

Waktu

Anda memiliki 30 menit untuk menulis jawaban Anda. Oleh karena itu, Anda harus dapat mengatur waktu Anda dan menemukan keseimbangan antara berpikir dan menulis dengan baik karena itu akan sangat menentukan bagi keberhasilan TOEFL writing Anda.

Anda juga dapat membaca: bagian TOEFL speaking, bagian TOEFL listening, bagian TOEFL reading

Artikel lain yang mungkin menarik bagi Anda: