Perbandingan antara IELTS dan TOEFL

Di antara banyak tes bahasa Inggris yang ditawarkan di pasaran, GlobalExam membandingkan dua tes untuk Anda, yaitu: TOEFL atau Test of English as a Foreign Language dan IELTS atau International English Language Testing System.

Mengapa kami memutuskan untuk secara khusus membandingkan kedua sertifikasi bahasa tersebut? Hal itu karena, berbeda dengan TOEIC, kedua tes itu memiliki kesamaan format yang membuat keduanya saling bersaing.

Memang, keduanya tetap harus dibandingkan sesuai dengan tujuan yang ditargetkan (pekerjaan atau pendidikan), sesuai dengan tes yang digunakan untuk seleksi di perusahaan, dan bahkan sesuai dengan negara yang dipilih. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menunjukkan perbedaan dan persamaan antara kedua sertifikasi tersebut agar Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan Anda. Berdasarkan pilihan itu, Anda melakukan persiapan IELTS atau persiapan TOEFL.

Mulai secara gratis

Pilihlah sertifikasi berdasarkan negara yang dituju

Memang benar bahwa jika seorang kandidat ingin belajar atau bekerja di negara seperti Inggris, Australia, atau Selandia Baru, sebaiknya pilihlah tes IELTS yang diterima secara luas oleh banyak institusi, terutama universitas dan perusahaan di negara tersebut.

Sebaliknya, jika kandidat ingin belajar di Amerika Serikat atau Kanada, dia seharusnya memilih TOEFL. Sebenarnya, sekolah atau universitaslah yang memilih tes untuk kandidat yang akan mereka terima. Seringkali, kita mengamati kecenderungan tertentu berdasarkan wilayah geografis.

Perbandingan antara IELTS dan TOEFL

Kandidat IELTS akan berhadapan dengan lebih banyak aksen “British” (Inggris), tidak seperti TOEFL yang menggunakan bahasa Inggris Amerika. Ada anggapan bahwa hal itu tidak membuat banyak perbedaan. Dalam ujian kemahiran tulisan, iya, tetapi dalam ujian kemahiran lisan, sebaliknya, bisa menjadi rumit. Jika kandidat terbiasa dengan aksen Inggris, sebaiknya pilihlah IELTS. Sebaliknya, jika kandidat lebih terbiasa dengan aksen Amerika, pilihlah TOEFL.

Perbedaan dalam struktur tes

Ekspresi (lisan dan tulisan)

Tes Speaking dan Writing pada TOEFL dinilai sebagai satu kesatuan. Skor mengevaluasi tes secara keseluruhan tanpa membedakan jenis kesalahan, misalnya kosakata, tata bahasa, atau logika. Sebaliknya, dalam skor IELTS, banyak kriteria dinilai secara terpisah, seperti tata bahasa, relevansi kosakata yang digunakan, kefasihan atau kelancaran penggunaan gaya bahasa, konsistensi ujaran, dll.

Pada seksi speaking tes IELTS, kandidat berhadapan dengan penguji. Sebaliknya, pada tes TOEFL, kandidat berhadapan dengan komputer. Percakapan itu direkam oleh komputer dan dievaluasi oleh penguji. Dengan demikian, kandidat akan memiliki kecenderungan pada salah satu tes. Jika, kandidat menjadi gugup ketika berhadapan dengan penguji, ia akan memilih TOEFL. Sebaliknya, jika ia harus berhadapan dengan penguji yang nyata ketika berbicara, ia akan memilih IELTS.

Pemahaman (lisan dan tulisan)

Untuk seksi Listening dan Writing pada tes TOEFL, kandidat menjawab sebagian besar pertanyaan pilihan ganda. Pilihan jawaban ditampilkan dan kandidat harus memilih salah satu diantaranya. Pada ujian IELTS, terdapat pertanyaan dengan jawaban singkat, perintah untuk melengkapi kalimat, pernyataan benar atau salah, dan pertanyaan pilihan ganda. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa jenis pertanyaannya bervariasi. Terserah pada Anda untuk memilih jenis latihan yang paling cocok untuk Anda.

Bisakah kita mengikuti tes berbasis komputer?

TOEFL IBT berbasis komputer, sedangkan TOEFL ITP berbasis kertas. Namun, TOEFL ITP mulai menghilang dan hanya mungkin untuk dilakukan di lembaga pendidikan. Sementara itu, IELTS hanya dapat dilakukan dengan komputer.

Itulah perbedaan mendasar di antara kedua tes. Untuk informasi lebih lanjut, terdapat banyak artikel yang menanti Anda di blog GlobalExam. Yang paling penting adalah melakukan simulasi tes untuk menentukan tes yang paling cocok untuk Anda!

Pelatihan secara daring di GlobalExam

GlobalExam telah menciptakan sebuah platform persiapan ujian secara daring agar Anda dapat berlatih sebaik mungkin dengan kondisi seperti ujian yang sebenarnya. Platform kami memberi akses ke puluhan latihan dan simulasi ujian, yang kesemuanya dikoreksi.

Dengan demikian, Anda dapat berlatih dan memantau kemajuan Anda, berkat statistik yang merekam secara otomatis. Selain itu, Anda akan memiliki akses ke lembar latihan tata bahasa dan kosakata, untuk memperbaiki poin-poin tertentu!

Sebuah versi gratis tersedia untuk Anda. Anda hanya perlu mendaftar untuk memanfaatkan latihan setara simulasi ujian untuk yang lengkap secara gratis!

Artikel lain yang mungkin menarik bagi Anda:

Latihan gratis