Bagikan

Perbandingan antara TOEFL ITP dan TOEFL iBT

Kita sering berbicara terntang TOEFL, tetapi pada kenyataannya ada dua jenis tes TOEFL yang berbeda. Hal yang sering terjadi, siswa tidak tahu dengan perbedaan kedua jenis tes ini sehingga pada akhirnya memilih ujian yang salah. Setiap jenis tes TOEFL disesuaikan dengan keterampilan bahasa Inggris yang berbeda. Tergantung pada proyek Anda, TOEFL iBT atau TOEFL ITP akan lebih cocok. GlobalExam akan menjelaskan perbedaan antara dua versi tes, dan mana yang harus dipilih sesuai dengan proyek Anda.

TOEFL iBT atau TOEFL ITP?

Ada dua versi tes TOEFL. Versi iBT, atau Internet Based Version, tes ini dilakukan secara daring. Ini adalah versi tes yang paling dikenal. Sering kali ketika kita berbicara tentang tes TOEFL, kita mengacu pada tes versi iBT.

TOEFL ITP, adalah tes TOEFL yang lebih tradisional, yang merupakan kependekan dari « Institutional Testing Program», tes ini dilakukan diatas kertas. Sebagian besar, hanya lembaga pendidikan yang mengambil TOEFL ITP (sebelumnya dikenal dengan PBT untuk “Paper Based Test”).

Kedua tes tersebut adalah tes resmi, yang diakui oleh sekolah atau perusahaan. Kedua tes inidibuat oleh ETS. Namun, ada beberapa perbedaan. Bagaimana memilih tes TOEFL yang akan diambil?

Persamaan antara kedua versi tes TOEFL

Kedua tes tersebut adalah tes bahasa Inggris akademis, yaitu, kedua tes ini akan menguji kemampuanberbahasa Inggris akademis Anda. Kedua tes ini akan menempatkan Anda dalam situasi yang berkaitan dengan pendidikan tinggi dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, tes-tes ini dibuat untuk menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris akademis Anda. Karenanya kedua tes ini sering digunakan oleh universitas dan sekolah, ketika mereka ingin mengetahui kemampuan bahasa Inggris Anda, atau sebagai sertifikasi tingkat kemampuan bahasa Inggris Anda.

toefl ibt ou toefl itp?

Apapun versi tes yang Anda pilih, ini adalah dua sertifikat yang berbeda. Tingkat kemampuan Anda akan disertifikasi dengan tes yang telah diakui di seluruh dunia. Ini adalah indikasi yang dapat diandalkan untuk orang-orang yang tertarik untuk mengambil tes TOEFL. Level TOEFL, baik iBT ataupun ITP Anda akan berlaku selama 2 tahun sejak tanggal ujian.

Perbedaan antara TOEFL iBT dan TOEFL ITP

Perbedaan utama antara kedua tes TOEFL ini adalah modalitas tes. TOEFL iBT berbasis komputer. Tes ini dapat dilakukan oleh siapa saja. TOEFL ITP berbasis kertas, hanya dapat dilakukan oleh sekolah.

Perbedaan antara TOEFL IBT dan TOEFL ITP

TOEFL iBT memiliki 4 bagian sedangkan TOEFL ITP hanya memiliki 3 bagian.

Harga tes

Apabila lembaga Anda menawarkan untuk mengambil TOEFL ITP dengan harga murah, jangan ragu. Anda akan diminta oleh universitas mitra jika Anda ingin belajar di luar negeri. Anda mungkin akan berpikir banyak untuk mengambil TOEFL iBT karena harga. Akan tetapi hal itu janganlah menjadi penghalang. Ambillah tes TOEFL, karena ada keuntungan nyata dari tes yaitu membuka kemungkinan baru bagi Anda. Anda mungkin bisa melangkah lebih jauh, atau melanjutkan sekolah yang lebih baik. Melewati tes TOEFL iBT sama sekali tidak sulit, Anda cukup berlatih dan mengetahui bagaimana mendaftar TOEFL IBT !

Level TOEFL iBT atau ITP?

TOEFL IBT sebenarnya tidak lebih sulit, tetapi lebih lengkap daripada jenis ujian lainnya. Hal yang sering terjadi, sekolah akan meminta skor antara 85-95 poin atau sesuai dengan tingkat B2.  Skor ini tidaklah terlalu sulit untuk dicapai. Namun, kadang-kadang Anda hanya mendapat skor minimum di salah satu bagian TOEFL, seperti keterampilan berbicara atau speaking. Anda perlu mengetahui persyaratan yang diminta oleh lembaga yang akan Anda tuju.

Level TOEFL iBT atau ITP?

TOEFL ITP sering dianggap lebih mudah walaupun sebenarnya tidak lebih mudah. Tes ini hanya menguji bagian yang berbeda dalam bahasa Inggris. Tes ini lebih pendek, tetapi menguji tingkat pemahaman Anda dalam bahasa Inggris secara detail. Kita dapat dengan mudah mengambil kesimpulan antara skor TOEFL iBT dan TOEFL ITP. Level B2 dengan skor TOEFL ITP akan sesuai dengan skor antara 563 dan 587 poin. Tes pemahaman TOEFL ITP serupa dengan tes TOEFL iBT.

Rekapitulasi tes

Tes TOEFL iBT

TOEFL IBT lebih sering digunakan. Tes berlangsung selama hampir 4 jam. Tes ini menguji tingkat bahasa Inggris Anda secara keseluruhan: pemahaman lisan, pemahaman tertulis, ekspresi tertulis dan ekspresi lisan. Terdiri dari 4 bagian, setiap bagian dinilai dengan 30 poin. Keempat skor ini kemudian ditambahkan untuk mendapatkan skor akhir dengan skor maksimal 120 poin. 

TOEFL iBT berbasis komputer. Semua bagian dilakukan secara acak. Anda akan mengerjakan semua tes di layar Anda pada saat yang sama dengan kandidat lainnya. Ini bisa sedikit membingungkan, terutama untuk bagian ekspresi lisan berbahasa Inggris (speaking). Untuk mengikuti tes TOEFL, Anda harus mendaftar secara daring, di situs web ETS Global. Biaya tes TOEFL adalah sekitar € 220€.

Tes TOEFL ITP

TOEFL ITP sedikit berbeda. Tes ini kurang digunakan. Ada 3 bagian dalam tes ini : bagian pertama adalah pemahaman lisan, pada bagian ini Anda akan mendapatkan beberapa pertanyaan, bagian kedua adalah tata bahasa, di mana Anda harus memilih jawaban yang paling tepat untuk membuat kalimat yang benar. Bagian ketiga, diakhiri dengan tes pemahaman tertulis. Tidak ada ekspresi lisan atau tertulis (seperti dalam TOEFL iBT). Tes berlangsung selama total 2 jam. Jumlah jawaban Anda yang benar akan dikonversi dalam skor dengan jumlah maksimal 677 poin.

TOEFL ITP diberikan di atas kertas. Tes ini disediakan untuk sekolah pendidikan tinggi, yang menggunakannya untuk menilai tingkat kemampuan siswa mereka. TOEFL ITP hanya dilakukan dalam konteks akademik. Sehingga sekolah Anda yang akan menetapkan harga tes. Beberapa sekolah memasukkan tes TOEFL dalam kurikulum mereka, beberapa akan meminta Anda untuk mendaftar, seringkali dengan biaya sekitar 50 €.

Sukses dengan tes TOEFL iBT atau ITP

Apapun jenis tes yang akan Anda ambil, baik itu tes TOEFL iBT atau ITP, Anda harus banyak berlatih sebelum tes. Satu-satunya cara untuk mendapatkan skor yang baik adalah dengan berlatih TOEFL secara khusus, karena ini adalah dua tes yang sangat standar. Pelatihan tes ini akan sangat membantu Anda mengenal struktur tes dan membiasakan dengan instruksi tes.

GlobalExam menawarkan solusi inovatif untuk membantu Anda berlatih TOEFL, baik itu versi iBT atau ITP. Berkat situs kami, Anda dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda secara daring. Anda akan menemukan banyak latihan-latihan TOEFL untuk melatih Anda dalam menghadapi tes ini. Latihan-latihan ini akan dikoreksi secara langsung. Sehingga Anda bisa belajar dari kesalahan Anda apabila Anda melakukannya. Latihan-latihan TOEFL Anda akan selalu dinilai.

GlobalExam memungkinkan Anda untuk mengakses persiapan TOEFL iBT dan persiapan TOEFL ITP secara keseluruhan : Tersedia 4 latihan tes untuk Anda. Anda juga dapat berlatih dengan situasi ujian yang sebenarnya: chrono yang bergulir, pertanyaan yang ditautkan, dan Anda sendirian melawan TOEFL! Anda dapat mencoba situs GlobalExam sekarang dengan mendaftar.

Artikel lain yang mungkin menarik bagi Anda: