Apakah instruksi seksi Speaking pada tes IELTS?

Tes lisan IELTS, Speaking, sangat berbeda dari tes tertulis lainnya. Tes itu berlangsung secara tatap muka dengan penguji yang berperan menilai kemampuan Anda berbicara dalam bahasa Inggris. Rentang skor berada pada 1 sampai dengan 9. Tes itu direkam untuk mengantisipasi kemungkinan klaim dari pihak kandidat.

Untuk mendapatkan skor yang baik pada Speaking, selain aksen dan pengucapan, Anda juga perlu memperoleh otomatisasi bahasa yang membantu Anda mendapatkan poin. GlobalExam menyediakan alat bagi persiapan IELTS yang perlu Anda ketahui untuk dapat berbicara dengan fasih.

Catatan: tidak ada perbedaan antara tes Speaking – IELTS Academic dan tes Speaking – IELTS General Training. Oleh karena itu, penjelasan, strategi, dan saran berikut dapat berlaku untuk kedua versi tes.

Mulai secara gratis

Apakah struktur tes Speaking?

Tes Speaking IELTS melibatkan wawancara individual dengan penguji. Tes itu berlangsung antara 11 dan 14 menit serta terdiri atas 3 bagian sebagai berikut:

  • Speaking-Bagian 1 – Introduction and interview yang berlangsung antara 4 dan 5 menit. Anda mendapatkan pertanyaan tentang topik umum, seperti keluarga, pekerjaan atau pendidikan, waktu luang, hobi atau hal-hal yang disukai.
  • Speaking-Bagian 2 – Long Turn yang berlangsung antara 3 dan 4 menit. Anda diminta membicarakan topik tertentu sesuai dengan kartu yang diberikan dan memasukkan poin-poin tertentu yang telah ditentukan ke dalam presentasi Anda. Anda memiliki 1 menit untuk persiapan dan 2 menit untuk mempresentasikan wacana.
  • Speaking-Bagian 3 – Discussion yang berlangsung antara 4 dan 5 menit. Dengan penguji, Anda mendiskusikan permasalahan yang lebih abstrak dan umum terkait dengan topik pada Bagian 2.

Bagaimanakah diskusi berjalan?

Pengujilah yang mengarahkan jalannya wawancara. Anda harus menjawab pertanyaan yang diajukan, tanpa menyimpang dari topik.

Apakah instruksi seksi Speaking pada tes IELTS?

  • Bagian 1: pertanyaan pribadi, Anda harus menjawab dengan kalimat pendek.
  • Bagian 2 dan bagian 3: pertanyaan mengenai topik yang dipilih secara acak, pertanyaan yang lebih umum, dan memerlukan pengembangan argumen. Anda diharapkan lebih memberikan jawaban yang dibangun dengan argumen. Penguji tidak akan ragu untuk menghentikan diskusi jika Anda berbicara terlalu lama (lebih dari lima menit).

Apakah kriteria penilaian seksi Speaking?

  • Kefasihan dan koherensi: kefasihan dalam penyampaian wacana
  • Sumber leksikal: kekayaan kosakata
  • Tata bahasa: penggunaan tata bahasa yang tepat dalam pembentukan kalimat
  • Pengucapan: aksen bahasa Inggris.

Beberapa contoh topik untuk setiap bagian

Part 1 – Introduction and interview

If you’re a student, what are you studying? If you’re a professional, what do you do for a living?

Part 2 – Long turn

Candidate Task Card

Describe your last birthday party.

Who was there?

What did you do?

What was your favorite gift and why?

Part 3 – Discussion

Let’s consider adulthood, first of all…

  • What are the best parts about being an adult ?
  • What are the main differences between your generation and your parents ?

Saran dan strategi sukses dari kami

Khusus untuk Speaking, sebuah strategi belajar yang baik adalah dengan menghafalkan konektor logis, kosakata terkait, dan kata penghubung yang dapat membuat wacana menjadi lebih lancar. Hal itu juga akan membantu Anda merasa nyaman dalam menyampaikan ide dengan jelas dan mencegah lupa.

  • Saran n°1: Cobalah untuk meminimalkan language tic (pengulangan kata secara refleks atau otomatis), lebih sulit lagi jika bahasa Inggris bukanlah bahasa ibu bagi Anda. Contoh yang paling umum adalah “euh”. Anda dapat menggantinya dengan keheningan singkat yang memberikan kesan bahwa Anda sedang menimbang kata yang Anda gunakan.
  • Saran n°2: Hindari berbicara terlalu cepat atau terlalu lambat karena akan merugikan Anda. Jika Anda tidak dapat mengukur secara akurat kecepatan Anda berbicara, gunakanlah kecepatan yang sama dengan penguji.
  • Saran n°3: Jangan ragu untuk bertanya lagi ketika Anda tidak mengerti. Banyak ungkapan siap pakai yang dapat digunakan, seperti “Could you repeat your statement, please?”, “I beg your pardon, but I did not understand what you’ve just said”. Hal itu juga dapat membantu Anda mendapatkan sedikit waktu jika Anda belum memiliki ide jawaban segera!

Bagaimanakah mengatur waktu Anda?

Pengujilah yang mengatur jalannya wawancara dengan memutuskan jumlah pertanyaan yang diajukan kepada Anda dan perpindahan dari satu bagian ke bagian berikutnya. Untuk bagian kedua, Anda memiliki waktu hingga dua menit untuk berbicara tentang topik yang dipilih secara acak. Cobalah untuk berbicara setidak-tidaknya sampai 1 menit 45 detik karena jika kurang, hal itu akan merugikan Anda. Pada sisa waktu, Anda hanya perlu menjawab pertanyaan yang diajukan dengan kalimat pendek atau lebih panjang.

Pelatihan tes secara daring di GlobalExam

Sebelum mengikuti tes IELTS, Anda disarankan untuk berlatih membiasakan diri dengan struktur tes dan pertanyaan standar tes. Memang, jenis pertanyaan dan kosakata yang digunakan sering berulang pada IELTS, itulah sebabnya GlobalExam telah menciptakan sebuah platform pelatihan secara daring untuk berbagai tes bahasa agar Anda dapat berlatih seperti dalam kondisi ujian yang sebenarnya. 

Setiap latihan dan simulasi ujian dikoreksi dan hasilnya direkam secara otomatis untuk memantau kemajuan Anda. Jadi, Anda dapat membandingkan skor awal IELTS Anda dengan skor yang dicapai setelah melakukan persiapan yang efektif.

Lembar kosakata dan tata bahasa khusus untuk IELTS juga tersedia untuk membantu Anda mendalami kedua hal tersebut. Anda berkesempatan melakukan latihan setara simulasi ujian IELTS lengkap secara gratis. Anda hanya perlu mendaftar!

Untuk mempelajari lebih lanjut dan berlatih seluruh tes, Anda juga dapat melihat artikel kami di tautan berikut.

Seksi lain tes IELTS:

  • Writing
  • Listening
  • Reading

Artikel lain yang mungkin menarik bagi Anda:

Latihan gratis