Contoh serta saran untuk seksi Writing pada tes IELTS

Tes ketiga dan terakhir dari ujian tertulis IELTS adalah Writing. Sangat penting untuk melakukan persiapan IELTS dengan serius karena Anda harus memiliki pengetahuan yang baik tentang tata bahasa dan kosakata agar lulus pada seksi tersebut. Menguraikan sebuah grafik dengan menggunakan kosakata yang sesuai, tanpa menambahkan penilaian pribadi merupakan pengetahuan yang perlu dipelajari. Ratusan jam latihan secara daring di platform kami dapat membantu Anda dengan cepat menguasai dasar penulisan agar lulus pada seksi Writing.

Catatan: perbedaan seksi Writing antara IELTS Academic dan IELTS General Training hanya terletak pada teks tulisan bagian pertama (Task 1). Kami memberi Anda saran khusus untuk setiap Task 1. Sementara, saran kami untuk Task 2 berlaku untuk kedua versi tes.

Mulai secara gratis

Bagaimanakah struktur seksi Writing?

Tes ekspresi tulisan pada IELTS terdiri atas 2 tulisan yang harus dikerjakan dalam waktu 1 jam.

  • Task 1: Anda harus menulis “esai” sedikitnya 150 kata dalam waktu 20 menit.

Academic: Anda diminta untuk meringkas, mendeskripsikan, membandingkan, dan menjelaskan informasi visual (satu tabel, grafik, diagram atau lebih) dengan kata-kata Anda sendiri. Anda harus menyertakan informasi yang paling penting dalam tulisan itu.

General Training: Anda harus menulis surat (untuk seorang teman, guru, perusahaan…).

  • Task 2: Academic dan General Training: Anda harus memberikan pendapat dan argumen, serta menyelesaikan permasalahan sesuai dengan instruksi yang diberikan. Anda harus menulis sedikit-dikitnya 250 kata dalam waktu 40 menit.

Apakah kriteria penilaian seksi Writing?

  • Kesesuian dengan instruksi: deskripsi informasi visual, penulisan surat dalam format yang sesuai, sudut pandang yang diberikan.
  • Koherensi dan kohesi: penggunaan kata penghubung dan konektor logis yang tepat, wacana yang mengalir.
  • Sumber leksikal: kekayaan kosakata.
  • Tata bahasa: penggunaan tata bahasa yang tepat dalam pembentukan kalimat.

Lembar jawaban

Anda harus menjawab pada lembar jawaban yang disediakan pada awal ujian.

Contoh tes Writing

Task 1-Academic

The table and chart below show the average climate of 2 large cities in the United States.

Summarize the information by selecting and reporting the main features, and make comparisons where relevant.

Write at least 150 words.

Chart :

Contoh tes Writing

Table :

Contoh tes Writing

Task 2 – Academic

Write about the following topic :

The  World Health Organization has described the latest Ebola virus outbreak in West Africa as the largest, most severe and most complex outbreak in the history of the disease.

The international humanitarian charity Oxfam estimates at least 1.7 Billion dollars to improve poor health systems in Ebola-affected countries.

Donations would be the only way to save the health systems of West Africa.

To what extent do you agree or disagree with this statement? Give reasons for your answer and include any relevant examples from your knowledge or experience.

Saran dan kiat sukses dari kami

  • Bagian 1-Academic: Setelah yakin bahwa Anda memahami visual yang ditampilkan dalam instruksi soal, pilihlah sejak awal informasi kunci yang dapat Anda gunakan dan informasi lain yang dapat Anda sisihkan. Jika sulit memprioritaskan dan memilahnya, sebaiknya Anda menggunakan semua data yang terlihat, terutama jika data tersebut disajikan dalam tabel.
  • Bagian 1- General Training: Hafalkanlah struktur surat (letak kepala surat, alamat koresponden, tanda tangan) dan gaya bahasa yang khas (salam pembuka dan salam penutup surat). Dengan demikian, Anda dapat menghemat waktu dengan hanya berfokus pada isi surat.
  • Bagian 2- Academic dan General Training: Hafalkanlah konektor logis, kosakata terkait dan kata penghubung, yang dapat memberi poin. Dengan demikian, Anda dapat menghemat waktu dengan berfokus pada gaya bahasa. Sebagai contoh, daripada menulis “in my opinion”, Anda dapat memperkaya tulisan Anda dengan menggunakan frasa seperti “from my point of view” atau “I believe”.

Gunakanlah kertas coret-coretan yang telah disediakan oleh pengawas untuk menyusun gagasan. Hal itu membantu Anda agar tidak melupakan informasi kunci dari visual yang ditampilkan pada soal, ide utama yang harus ditampilkan dalam isi surat, atau kerangka ide yang memandu tulisan Anda.

Berhati-hatilah untuk tidak menuliskan semuanya karena hanya akan membuang waktu! Kertas itu hanya digunakan untuk mengatur dan memprioritaskan ide untuk membantu Anda menulis lebih cepat.

Bagaimanakah cara mengatur waktu Anda?

Mengelola waktu Anda dengan baik adalah sesuatu yang fundamental untuk lulus tes Writing. Memang, Anda memiliki waktu satu jam untuk menyelesaikan kedua tulisan. Bagian kedua bernilai lebih banyak poin daripada bagian pertama, kami menyarankan agar Anda menghabiskan 20 menit pada bagian 1 dan 40 menit pada bagian 2, terlepas dari versi tes IELTS yang Anda ambil (Academic atau General Training).

Bagaimanakah cara mempersiapkan diri?

Pelatihan diperlukan agar Anda tidak terkejut dengan struktur ujian atau jenis pertanyaan pada hari H. GlobalExam telah menciptakan sebuah platform secara daring untuk memungkinkan Anda berlatih dengan memanfaatkan puluhan latihan standar dan simulasi ujian, beserta koreksinya.

Untuk mengakses versi gratis, Anda hanya perlu mendaftar! Kemudian, Anda akan dapat memanfaatkan latihan setara simulasi ujian lengkap secara gratis.

Untuk mempelajari lebih lanjut, Anda juga dapat melihat artikel kami di tautan berikut.

Seksi lain tes IELTS:

  • Speaking
  • Listening
  • Reading

Artikel lain yang mungkin menarik bagi Anda:

Latihan gratis