Bagikan

Apakah instruksi seksi Listening pada tes IELTS?

Penting bagi Anda untuk tidak mengabaikan seksi pertama dari tes IELTS, Listening, karena dapat memberikan kepercayaan diri dalam menghadapi seksi berikutnya dengan lebih tenang. Rekaman audio hanya diputar satu kali. Oleh karena itu, Anda perlu berkonsentrasi penuh agar tidak melewatkan informasi apa pun.

Prasyarat tes itu adalah Anda harus melatih pendengaran untuk memahami aksen british. Dengan latihan pendengaran tersebut secara daring di platform GlobalExam, Anda dapat mendapatkan poin dengan mudah. Berkat latihan standar kami, Anda dapat mempersiapkan IELTS secara optimal.

Catatan: Tes Listening sama, baik untuk versi IELTS Academic maupun IELTS General Training. Dengan demikian, deskripsi, strategi, dan saran berikut berlaku untuk keduanya.

Mulai secara gratis

Bagaimanakah struktur tes?

Tabel di bawah ini menunjukkan struktur tes Listening.

Bagaimanakah struktur tes?

Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan rekaman audio, untuk setiap bagian, yang selalu diurutkan berdasarkan tingkat kesulitan.

  • Bagian 1 (pertanyaan 1 sampai dengan pertanyaan 5)

Complete the notes below. Use NO MORE THAN 3 WORDS AND / OR A NUMBER for each answer.

IELTS Listening

  • Bagian 2 (Pertanyaan 11 sampai dengan pertanyaan 16)

Complete the notes below. Use NO MORE THAN 3 WORDS AND / OR A NUMBER for each answer.

IELTS Listening

  • Bagian 3 (Pertanyaan 23 sampai dengan pertanyaan 24)

Choose the correct letter A, B, C

23. The ISC most likely means

A International School Club

B International Student Club

C InternationalS… Club

24. What time is the meeting probably taking place ?

A 10:30 a.m.

B 4:45 p.m.

C 7:15 p.m.

  • Bagian 4 (Pertanyaan 33 sampai dengan pertanyaan 34)

Fill in the depiction below. Use no more than TWO WORDS for each answer.

IELTS Listening

Saran dan strategi GlobalExam

  • Saran n°1: Meskipun sudah semestinya, sangatlah penting untuk membaca setiap instruksi dengan saksama. Instruksi bervariasi antara bagian yang satu dan bagian yang lainnya. Anda tidak akan mendapatkan poin jika memberikan jawaban yang tidak lengkap atau hanya sebagian saja yang tepat. Sebagai contoh, jika ditetapkan “No more than 2 words” (“tidak lebih dari 2 kata”), jawaban Anda hanya boleh terdiri atas satu atau dua kata. Jika ditambah satu kata lagi, otomatis jawaban Anda tidak diterima karena tidak menaati instruksi yang diberikan.
  • Saran n°2: Waktu Anda ditentukan oleh rekaman. Jadi, cobalah untuk menemukan kata kunci jawaban secepat mungkin. Jika Anda tertinggal atau tidak memahami jawaban, Anda harus segera beralih ke pertanyaan berikutnya karena Anda hanya dapat mendengarkan rekaman satu kali.

Salah satu strategi untuk lulus Listening pada tes IELTS adalah dengan menggunakan semua informasi di lembaran buku ujian yang berisi instruksi untuk menjawab empat puluh pertanyaan. Informasi itu akan membantu Anda memahami rekaman audio dan lebih memahami berbagai format untuk menemukan jawaban. Strategi antisipasi itu berlaku untuk empat bagian tes Listening, yang diputar berdasarkan urutan tingkat kesulitan.

Anda lebih mudah mengelola waktu dengan baik selama seksi Listening daripada seksi lain karena Anda harus menjawab pertanyaan secara progresif seiring dengan aktivitas mendengarkan. Anda terus “bergerak maju” bersama dengan rekaman audio yang tidak dapat Anda ulang. Jadi, tidak perlu menambahkan stres dalam mengelola waktu Anda.

Pelatihan secara daring di GlobalExam

GlobalExam adalah platform persiapan secara daring untuk berbagai tes bahasa, yang memungkinkan Anda untuk berlatih dalam kondisi seperti tes yang sebenarnya. Semua itu berkat pertanyaan standar, penghitungan waktu dengan kronometer, koreksi terperinci, serta lembar latihan kosakata dan tata bahasa yang akan mengarahkan dan membantu kemajuan Anda.

Untuk mempelajari lebih lanjut dan berlatih seluruh tes, Anda juga dapat melihat artikel kami di tautan berikut.

Seksi lain tes IELTS:

  • Writing
  • Speaking
  • Reading

Ketahuilah bahwa Anda dapat memanfaatkan latihan setara dengan simulasi ujian lengkap secara gratis. Anda hanya perlu mendaftar!

Artikel lain yang mungkin menarik bagi Anda: