Struktur tes IELTS

IELTS yang merupakan akronim dari International English Language Testing System adalah tes bahasa Inggris yang dikelola oleh British Council. Ujian IELTS adalah salah satu tes bahasa Inggris yang paling dikenal di dunia. Terdapat lebih dari tiga juta orang yang mengikuti ujian itu setiap tahunnya.

IELTS diakui dan digunakan oleh lebih dari 10.000 institusi di lebih dari 140 negara di seluruh dunia. Institusi itu beragam dan bervariasi, tetapi alasan utama bagi kandidat mengikuti ujian itu adalah untuk pendidikan, pekerjaan, dan imigrasi. IELTS menjadi aset berharga bagi karier mereka!

Terdapat dua versi tes IELTS, yaitu IELTS Academic dan IELTS General Training.

Mulai secara gratis

Struktur tes IELTS

IELTS Academic ditujukan untuk kandidat yang melamar di lembaga pendidikan tinggi dan untuk para profesional yang ingin bekerja di lingkungan yang berbahasa Inggris. Versi tes itu mengukur kemampuan Anda untuk belajar atau bekerja dengan menggunakan bahasa Inggris.

IELTS General Training ditujukan bagi mereka yang ingin pergi ke negara berbahasa Inggris untuk melanjutkan sekolah menengah, mencari pengalaman kerja, atau mengikuti pelatihan. Tes itu berfokus pada kemampuan dasar yang harus dikuasai agar dapat bertahan hidup dalam konteks hubungan sosial dan profesional yang lebih luas, di negara berbahasa Inggris. Versi IELTS itu terutama digunakan oleh otoritas imigrasi di Australia, Kanada, Selandia baru, atau Inggris. Apa pun alasan dan apa pun versi tes yang ingin Anda ambil, penting bagi Anda untuk mengetahui struktur dan instruksi tes agar tidak kaget pada saat ujian. Lihat lebih lanjut mengenai prosedur pendaftaran.

Sebelum mengikuti tes IELTS, Anda dianjurkan untuk melakukan persiapan. Pada tautan berikut, Anda akan menemukan berbagai materi pendukung yang membantu Anda mempersiapkan diri dalam menghadapi tes tersebut dengan sebaik mungkin. “Hasil yang baik” pada ujian IELTS bergantung pada tujuan Anda. Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang cara menilai skor, silakan Anda klik tautan tersebut.

Listening

Tes pada seksi Listening untuk kedua versi itu mirip, baik untuk tes IELTS Academic maupun tes IELTS General Training. Seksi itu terdiri atas empat bagian. Kandidat mendengarkan rekaman audio yang berupa teks, monolog, dan percakapan. Rekaman itu diputar berdasarkan urutan tingkat kesulitan. Kandidat harus menjawab 40 pertanyaan mengenai rekaman yang telah didengar. Listening berlangsung selama 30 menit. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang seksi itu, lihat artikel kami: IELTS-Listening.

Reading

Tes pada seksi Reading serupa untuk kedua versi, tetapi teks yang ditampilkan berbeda. Kandidat memiliki waktu 1 jam untuk membaca 3 teks dan menjawab 40 pertanyaan. Teks diurutkan berdasarkan tingkat kesulitan. Teks adalah kutipan dari buku, majalah, surat kabar atau situs internet. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang seksi itu, lihat artikel kami: IELTS-Reading

Writing

Tes pada seksi Writing terdiri atas dua teks tulisan. Kandidat memiliki waktu 1 jam untuk menulis 2 teks dengan minimum jumlah kata antara 150 dan 250. Topik teks pertama berbeda pada kedua versi tes. Pada IELTS Academic, Anda diminta untuk memproses grafik atau tabel, sedangkan pada IELTS General Training, Anda diminta untuk menulis surat. Teks kedua didasarkan pada suatu permasalahan. Anda harus mengembangkan sudut pandang Anda mengenai permasalahan tersebut.  Untuk mempelajari lebih lanjut tentang seksi itu, lihat artikel kami: IELTS-Writing.

Speaking

Tes Speaking adalah yang terakhir dan berlangsung secara tatap muka dengan penguji, yang berperan menilai tingkat bahasa Inggris Anda. Rentang skor berada pada 1 sampai dengan 9. Diskusi terdiri atas 3 bagian dan berlangsung antara 11 dan 14 menit. Tes itu serupa untuk kedua versi, baik IELTS Academic maupun IELTS General Training. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang seksi itu, lihat artikel kami IELTS–Speaking.

Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti IELTS agar mendapatkan skor yang baik.

Selain itu, di GlobalExam, Anda juga dapat menemukan lembar tata bahasa dan kosakata yang diperlukan untuk menguasai keterampilan yang terkait dengan IELTS.

Dengan GlobalExam, Anda dapat melatih kemampuan pada setiap seksi ujian IELTS dan dapat mengerjakan simulasi ujian dengan kondisi seperti ujian yang sebenarnya.

Artikel lain yang mungkin menarik bagi Anda:

Latihan gratis