Bagikan

Apakah yang direpresentasikan oleh skor IELTS?

Setelah melewati tes IELTS, Anda akan mendapatkan hasil tes yang dikirimkan oleh pusat penyelengara dalam waktu 13 sampai dengan 15 hari. Namun, setelah itu, kita masih harus menafsirkan hasil tersebut. Sebaiknya, bahkan dianjurkan, untuk mengetahui metode penghitungan skor IELTS dan skor yang diperlukan untuk universitas atau organisasi profesional sebelum mengikuti tes. Mendaftar tes membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jadi, sebaiknya Anda memastikan untuk lulus, idealnya hanya dengan sekali coba, dan menargetkan skor yang diperlukan sesuai dengan tujuan Anda.

Persiapan IELTS dianjurkan untuk dilakukan sebelum mengikuti tes. Pada tautan berikut ini Anda akan menemukan berbagai materi pendukung yang dapat membantu Anda mempersiapkan diri menghadapi tes tersebut dengan sebaik mungkin. “Hasil yang baik” pada tes IELTS bergantung pada tujuan. Anda dapat melihatnya di tautan berikut, jika ingin mengetahui lebih banyak tentang cara menilai skor.

Mulai secara gratis

Bagaimanakah cara menghitung skor IELTS?

Penilaian IELTS berkisar dari 0 (atau 1) sampai dengan 9 (ahli). Nilai keseluruhan yang didapat pada tes adalah skor rata-rata setiap seksi. Setiap seksi juga dinilai dari 0 sampai dengan 9. Skor IELTS diperoleh dengan rata-rata nilai yang diperoleh pada setiap seksi (listening, reading, writing, speaking).

Bagaimanakah skor IELTS bersesuaian dengan tingkat kemampuan berdasarkan skala CERCL (Kerangka Acuan Bersama Eropa untuk Bahasa)?

Skor IELTS yang bagus berkisar antara 6 dan 9. Temukanlah tabel terperinci mengenai skor yang dapat diperoleh berserta maknanya, di bawah ini.

skor IELTS

Skor yang ditandai dengan huruf tebal pada tabel di atas merupakan target untuk membuka jalan bagi pelatihan ke luar negeri. Pada tautan berikut, Anda dapat menemukan informasi terperinci dalam bahasa Inggris mengenai IELTS.

Berapakah skor yang disyaratkan untuk universitas?

Pada umumnya, universitas-universitas yang paling terkenal di luar negeri mensyaratkan skor di atas 6. Skor di atas 7 sangat dianjurkan untuk membuka akses bagi pelatihan berkualitas. Sebagai informasi, di bawah ini adalah tabel skor yang disyaratkan oleh beberapa universitas pengguna IELTS sebagai bukti tingkat kemahiran berbahasa Inggris.

Skor minimumUniversitas AmerikaUniversitas KanadaUniversitas Prancis
5,5Berkeley-American University of Paris; EBS (European Business School)
6Massachusetts Institute of Technology,
Webster University, Stanford Graduate School of Business
ConcordiaBordeaux Ecole de Management;
EM LYON
6,5Creighton University, University of California San Diego dan juga Saint MaryMcGill, Art Institute of VancouverESSEC Business School; Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial Poitiers; EUROMED; Science Po (Paris, Dijon, Menton, Poitiers, Reims, Lille…);
SKEMA School of Management;
ECE Graduate School of Engineering;
Ecole Central de Paris;
Ecole National des ponts et chaussées; ENS
7Harvard University, Princeton, Yale,
Columbia University (NY)
Duke; The college of veterinarians of
British Columbia
-

Apakah yang disyaratkan oleh perusahaan?

IELTS (International English Language Testing System) adalah tes yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin beremigrasi ke luar negeri, mendapatkan naturalisasi dan mendapatkan visa untuk negara berbahasa Inggris. Oleh karena itu, IELTS sangat dikenal di lingkup perusahaan dalam konteks ekspatriasi dan juga imigrasi (terutama di Kanada, Inggris, Australia, dan Selandia Baru).

Meskipun diakui di seluruh dunia, IELTS lebih sesuai untuk mereka yang ingin mengikuti pelatihan di luar negeri atau yang ingin melanjutkan pendidikan di universitas negara-negara Anglo Saxon, dll.

Untuk dunia kerja, tes yang lebih tradisional, seperti TOEIC, GRE (Graduat Record Examination), Cambridge (CAE, CPE) lebih disarankan.

Tidak diragukan lagi, tes yang paling terkenal di dunia kerja adalah TOEIC, sangat populer di CV. Umumnya, TOEIC akan menjadi referensi tes bahasa Inggris bagi perusahaan dan pemberi kerja untuk menilai tingkat kemampuan kandidat pelamar atau karyawan perusahaan tersebut.

Berlatih IELTS secara daring di GlobalExam

Di GlobalExam, Anda dapat berlatih dengan memanfaatkan puluhan latihan pertanyaan standar IELTS dan simulasi ujian, tepat seperti format ujian yang sebenarnya.

Setiap latihan dikoreksi dan pemantauan kemajuan ditampilkan agar Anda dapat mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan secara bertahap selama proses pelatihan. Anda juga dapat menggunakan lembar kosakata dan tata bahasa jika diperlukan untuk memperbaiki kesalahan!

Di GlobalExam, Anda juga dapat membuat jadwal latihan bergantung pada kebutuhan Anda. Jangan menunggu lebih lama lagi untuk mencoba platform kami secara gratis, Anda hanya perlu mendaftar! Anda akan dapat memanfaatkan simulasi ujian lengkap IELTS secara gratis. 

Selain itu, Anda juga dapat menemukan lembar tata bahasa dan kosakata yang diperlukan untuk menguasai keterampilan yang terkait dengan IELTS.

Artikel lain yang mungkin menarik bagi Anda: