Bagikan

Anda merasa makin sering berbicara dalam bahasa Inggris di lingkungan perusahaan? Hal itu sangatlah normal karena banyak perusahaan yang interkultural dan tidak selalu mudah mengelolanya.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan semua informasi yang diperlukan mengenai interkulturalitas dalam perusahaan, manajemen interkultural, dan diakhiri dengan penjelasan mengenai produk kami, Business English! Apakah Anda sudah siap? Mari kita mulai!

Mulai secara gratis

Apakah yang dimaksud dengan interkulturalitas dalam perusahaan?

Saat ini, sangat penting untuk memahami apakah yang dimaksud dengan interkulturalitas dalam perusahaan. Memang, sekarang, banyak perusahaan yang menggunakan manajemen interkultural. Akan tetapi, apakah sebenarnya itu semua? Sebenarnya, hal itu merujuk pada keberagaman budaya dalam perusahaan yang sama. Interkulturalitas juga dapat dikedepankan pada berbagai elemen, seperti pada budaya etnis atau hanya pada perbedaan sosial. Seperti yang pasti telah Anda ketahui, adat dan kebiasaan tidak selalu sama antara satu negara dan negara lainnya. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara beradaptasi dan mengelola tim dengan baik, dan itu bukanlah urusan kecil.

Apakah yang dimaksud dengan interkulturalitas dalam perusahaan?

Yang juga penting untuk diketahui adalah interkulturalitas dalam perusahaan membuat perusahaan memiliki alat/metode baru. Di antaranya ialah kita dapat berbicara tentang manajemen interkultural, yang sangat diminati pada saat ini. Perlu juga dicatat bahwa jika sebuah perusahaan sepenuhnya sejalan dengan nilai dan prinsip yang dianutnya dan berkomitmen melatih karyawannya dalam berbagai budaya lain, hal itu akan terasa pada kinerja ekonomi dan sosial perusahaan tersebut.

Akan tetapi, harus diketahui bahwa interkulturalitas tidak hanya terjadi secara internal, tetapi juga dapat bersifat eksternal perusahaan. Studi pemasaran mungkin dilakukan untuk beradaptasi dengan berbagai pasar yang berbeda. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah mengembangkan strategi internasional. Namun, baik secara internal maupun eksternal, sangatlah penting bagi Anda untuk bisa berbicara dalam bahasa Inggris agar Anda dapat memahami dan dipahami. Hal itu merupakan salah satu tantangan mendasar yang dihadapi oleh banyak perusahaan  pada saat ini!

Manajemen interkultural: bagaimanakah cara melakukannya?

Apakah perusahaan Anda menjadi interkultural? Anda memiliki banyak pasar di luar negeri, tetapi tidak mengetahui bagaimana bernegosiasi dengan pasar tersebut? Atau, Anda bekerja dengan anak perusahaan di luar negeri dan tidak selalu mudah untuk menjalin hubungan dengan mereka? Apa pun situasinya, Anda tidak benar-benar mengetahui bagaimana menjalankan itu semua? Tidak perlu khawatir, kami akan memberikan tiga saran yang pasti akan membantu Anda memahami cara baru itu bekerja.

  • Memiliki stereotip, tetapi terutama dapat memanfaatkannya dengan baik. Semua orang melakukan stereotip! Secara umum, ketika seseorang bertemu dengan orang asing, ia akan cenderung memiliki prasangka terhadap orang tersebut. Namun, Anda harus mengetahui bagaimana memanfaatkan prasangka itu dengan baik. Memang, beberapa prasangka mungkin benar, sementara itu beberapa yang lain tidak terlalu benar. Ketika bekerja dengan budaya baru, sangatlah penting untuk mengenal budaya tersebut agar Anda dapat bertindak dengan tepat dalam dunia profesional.
  • Anda juga harus menentukan dimensi budaya sebuah perusahaan. Apakah maksudnya? Sederhana saja, Anda harus menetapkan batasan untuk berbagai elemen yang berbeda, seperti: proses dan prosedur yang diterapkan di dalam perusahaan, otonomi yang diberikan kepada karyawan, penerimaan dan pengelolaan konflik, hubungan yang berkaitan dengan perubahan atau inovasi, atau saling kebergantungan dari berbagai fungsi dalam sebuah perusahaan. Jadi, setelah memilih berbagai dimensi budaya yang berbeda, Anda akan lebih mudah untuk menjelaskannya kepada orang asing, misalnya.
  • Saran terakhir yang dapat kami berikan kepada Anda adalah menyadari risiko berbicara dalam bahasa Inggris. Ya, untuk dapat bekerja dalam lingkungan internasional, Anda harus menguasai bahasa Inggris! Sebagai contoh, berbicara dengan lancar dan menyatakan emosi dalam rapat seringkali sulit dilakukan. Oleh karena itu, Anda harus belajar bahasa Inggris dan memiliki pengetahuan yang hampir sempurna tentang bahasa tersebut, yang tentu saja tidak mudah.

Seperti yang dapat Anda lihat, melakukan manajemen interkultural tidak mudah. Penting untuk dicatat bahwa banyak parameter yang harus diperhitungkan. Parameter tersebut merupakan hal baru sehingga tidak hanya menjadi tantangan nyata bagi perusahaan tertentu, tetapi juga bagi sektor tertentu.

Berlatih dengan GlobalExam: jalur program “Business English”!

Akhir-akhir ini, Anda memperhatikan bahwa sejumlah pasar baru dapat terbuka? Akan tetapi, Anda tidak dapat berbahasa Inggris. Setidak-tidaknya, bukan bahasa Inggris profesional!

Tidak perlu khawatir, kami baru saja meluncurkan produk baru hanya untuk Anda: Business English, yang merupakan platform baru tempat Anda dapat dengan mudah belajar bahasa Inggris profesional. Selain itu, Anda juga dapat berlatih dengan menggunakan beragam latihan yang tentu Anda sukai.

  • Kami menawarkan konten dengan bimbingan dan dengan situasi komunikasi yang terskenario. Cara ini sangat bagus untuk belajar bahasa Inggris dalam situasi tertentu. Berikut ini yang dapat kami tawarkan kepada Anda.
    • Pelatihan dengan situasi komunikasi yang terskenario sehingga Anda dapat benar-benar melakukan imersi.
    • Situasi kehidupan profesional sehari-hari.
    • Video bimbingan dengan para pengajar kami.
  • Kami juga menawarkan manfaat lain yang sangat sejalan dengan latihan yang kami siapkan untuk Anda.
    • Pembuatan dan pengoreksian CV.
    • Koreksi terperinci untuk setiap latihan.
    • Sertifikasi untuk setiap jalur pelatihan yang telah Anda selesaikan.

Seperti yang Anda lihat, bahasa Inggris adalah bahasa yang sangat penting dalam dunia profesional, pada saat ini. Oleh karena itu, sangatlah bijaksana jika Anda memiliki pengetahuan bahasa Inggris yang baik!