Bagikan

Terlepas dari sektor aktivitas di mana Anda bekerja: industri, layanan administrasi, informasi dan komunikasi, pariwisata, jasa boga…akan ada kemungkinan menyambut klien, pemasok, ataupun mitra dari luar negeri.

Dalam bahasa apa Anda akan berbicara dengannya? Bagaimana Anda akan menyambutnya? Dengan sedikit keberuntungan, klien Anda berbicara bahasa Indonesia dan, dalam hal ini, pertemuan Anda akan berlangsung dengan mudah. Namun, ada kemungkinan besar bahwa klien Anda hanya bisa mengatakan “halo”, “terima kasih” dan “selamat tinggal”! Jadi, dalam hal ini, tentu saja, Anda akan diharuskan untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Mulai secara gratis

Bagaimana mempersiapkan untuk menyambut klien dalam bahasa Inggris?

Apabila Anda dengan tenang mengatakan “tantangan diterima” karena Anda sudah merasa nyaman untuk berkomunikasi dalam bahasa Shakespeare, maka Anda dapat memfokuskan diri Anda untuk mempelajari budaya  mereka. Tetapi jika tidak, Anda harus memikirkan solusi bagaimana cara untuk meningkatkan keterampilan Anda dengan pelatihan yang sesuai dengan waktu Anda, yang akan memungkinkan Anda untuk berlatih dan di waktu yang sama Anda harus bekerja. Di GlobalExam, kami memiliki pelatihan yang didedikasikan khusus untuk Bahasa Inggris bisnis yang mempertimbangkan, di antara banyak hal lain, situasi seperti ini!

Bagaimana mempersiapkan untuk menyambut klien dalam bahasa Inggris?

Dalam artikel ini, kami akan membagikan kepada Anda beberapa ungkapan yang sering digunakan ketika Anda menerima klien dalam bahasa Inggris.  Tetapi pertama-tama, mari kita mulai dengan beberapa pedoman umum yang juga harus Anda perhatikan ketika Anda menyambut klien Anda dalam bahasa Inggris:

Hal-hal yang harus dilakukan (Do’s)

  • Harap tepat waktu.
  • Gunakan ungkapan yang sopan.
  • Bersikaplah yang ramah.
  • Jika ada kesalahan karena perbedaan budaya, penting untuk mengetahui beberapa ungkapan untuk meminta maaf.
  • Perhatikan baik-baik bahasa tubuh lawan bicara Anda sehingga Anda dapat “membaca maksud yang tersirat”. Temukan juga bagaimana cara menghadapi klien yang tidak puas dalam bahasa Inggris.
  • Jika pengucapan bahasa Inggris Anda tidak sempurna, jangan khawatir, Anda harus sering mempraktikkan keterampilan bahasa Inggris Anda, niscaya Anda akan semakin fasih.  Yang penting adalah buatlah kalimat pendek, mengucapkannya dengan baik dan benar serta menggunakan kosakata sederhana. Kami dapat meyakinkan Anda bahwa klien Anda akan menghargai upaya Anda.

Hal-hal yang tidak boleh dilakukan (Don’t)

  • Jangan gunakan bahasa yang terlalu akrab.
  • Hindari untuk membicarakan topik-topik yang sensitif seperti politik atau agama, dan jika Anda melakukannya, tetaplah toleran dan berpikiran terbuka: selalu ada ruang untuk mempelajari sesuatu yang baru. Apabila Anda dapat memilih topik pembicaraan, maka bicarakan tentang perjalanan wisata, Anda dapat membicarakan mengenai hal-hal unik tentang negara atau kota Anda, tentang arsitekturnya, tentang tempat-tempat yang wajib untuk dikunjungi, tentang tradisi dan budaya.  Anda juga dapat mengajukan pertanyaan serupa mengenai negara lawan bicara Anda.

Satu hal yang perlu diingat adalah : salah satu keuntungan terbesar bekerja dengan klien internasional adalah kesempatan untuk belajar hal-hal yang baru dan budaya lain. Meskipun hal yang baru ini kadang-kadang bisa tampak menakutkan ataupun menjengkelkan, tetapi hal ini dapat menjadi menarik dan mencerahkan. Dengan pengalaman ini, Anda tidak hanya dapat meningkatkan keterampilan linguistik dan budaya Anda, tetapi Anda juga akan membangkitkan rasa ingin tahu Anda dan kemampuan Anda untuk berkomunikasi secara holistik.

Oke, sekarang kita akan membagikan beberapa kalimat penting untuk menyambut klien dalam bahasa Inggris:

Pertama-tama, salam perkenalan untuk menyambut klien Anda:Good morning/afternoon, Mr./Ms. __________.
Welcome to our company.
It’s nice to meet you in person, at last!
Perkenalkan diri Anda:My name is__________, I’m (+ occupation in your company). It’s a pleasure having you with us.
Ajukan pertanyaan tentang perjalanannya:How was your trip?
Did you have a good flight?
Is this your first time in____________?
Or: Have you ever been here before?
Jika perjalanan berjalan dengan baik, Anda dapat berkata:

Dan sebaliknya…
That’s great! I’m glad to hear that.

Oh, I’m sorry. But is everything all right now? Is there anything we can do for you?
Tawarkan bantuan Anda:Don’t hesitate to ask me if you need anything.
If I can help you in anyway, please let me know.
Anda bisa bertanya padanya berapa lama dia akan menghabiskan waktu di kota Anda:How long are you staying?
Jika klien tiba di kantor Anda sendiri:Did you find your way here easily?
Jika Anda yang menjemputnya di stasiun:Did you enjoy your train trip?
We’d better make our way to the office.
Menawarkan minuman :Would you like something to drink?
Can I offer you something to drink, maybe some tea or a cup of coffee?
A bottle of still water? /sparkling water?
Jika Anda akan makan bersamanya untuk makan siang atau malam:I would like to invite you to have lunch.
I would like to invite you to have dinner.
Untuk menawarkan menjemput klien Anda di hotel:I can pick you up at (+time). Would it be OK for you?
I’ll meet you in the lobby at (+ time).
Jika Anda membawakan hidangan khas:This is a local dish.
Ketika Anda memperkenalkan seseorang:I would like to introduce you to Mr._________/Mrs_____________/Miss_____________.
Untuk menyarankan agar dia mulai lebih awal atau lebih akhir:Would you mind if we started earlier/later than scheduled tomorrow ?
Untuk mengucapkan selamat tinggal pada hari terakhir:It was great having you with us. Thanks for coming.
Have a pleasant journey!
Have a lovely trip back home.

Anda mungkin ingin mempelajari lebih banyak ungkapan dan terutama mempunyai model pengucapan yang benar? Kami mengundang Anda untuk meningkatkan keterampilan Anda dengan Business English! Dengan pelatihan kami yang telah disesuaikan dengan objektif Anda, dan pelatihan video oleh guru-guru kami, Anda akan dapat berlatih dan meningkatkan keterampilan Anda sesuai dengan kemampuan Anda. Anda juga akan memiliki kesempatan untuk mempelajari kesalahan Anda berkat akses yang Anda miliki untuk koreksi yang detail dari semua latihan! Dan ada lebih banyak lagi keuntungan! Jadi apa lagi yang Anda tunggu untuk mengikuti pelatihan Business English dari GlobalExam? Mulailah sekarang juga!

Bahasa Inggris Bisnis dengan GlobalExam

Untuk mempelajari ekspresi dan kosakata terkait menyambut klien asing, Anda dapat merevisi dengan latihan online di GlobalExam, Anda hanya perlu membuat akun.

Temukan semua topik kami untuk maju dalam bahasa Inggris profesional secara umum:

Dan jalur karier, khusus untuk suatu profesi: