Dalam kehidupan sehari-hari, dan terutama dalam dunia bisnis, mengetahui cara bernegosiasi sering merupakan keterampilan mendasar untuk mengambil yang terbaik dari suatu keadaan atau hanya sekadar untuk keluar dari keadaan tertentu.

Bahasa Inggris adalah bahasa pengantar yang digunakan oleh sekitar 850 juta orang. Oleh karena itu, besar kemungkinan bahwa pada suatu hari Anda harus bernegosiasi dengan penutur bahasa Inggris. Jadi, mulai sekarang, sempurnakanlah bahasa Inggris bisnis Anda.

Mulai secara gratis

1. Pelajarilah cara bernegosiasi dalam bahasa Inggris

Pertama-tama, belajar bernegosiasi dalam bahasa Inggris melibatkan pembelajaran model budaya penutur bahasa Inggris. Hal itu termasuk pengetahuan tentang beberapa ungkapan khas yang digunakan dalam bernegosiasi menggunakan bahasa Inggris, seperti business is business; time is money; atau it’s not personal.

Pelajarilah cara bernegosiasi dalam bahasa Inggris

Dalam suatu negosiasi, kita juga perlu menunjukkan rasa hormat terhadap lawan bicara. Tentu saja, komunikasi non-verbal dapat sangat menentukan; sebagai contoh, pada umumnya, penutur bahasa Inggris sangat menghargai kontak mata (eye contact). Pandangan yang tidak fokus dapat ditafsirkan sebagai tanda kurang rasa percaya diri, bahkan dapat dianggap sebagai itikad buruk. Selain itu, pada akhir negosiasi, hasil dari suatu kesepakatan seringkali diilustrasikan dengan berjabat tangan.

Selain itu, rasa hormat juga dapat diungkapkan dengan penggunaan “bentuk kesopanan” (kata atau kalimat pembuka dan/atau penutup yang menunjukkan kesopanan) dalam bahasa Inggris.

2. Kata dan ungkapan yang perlu diketahui untuk bernegosiasi dalam bahasa Inggris

Ada beberapa kosakata dan ungkapan yang biasa digunakan ketika bernegosiasi dalam bahasa Inggris. Berikut beberapa di antaranya yang akan membantu Anda menghindari terjemahan harfiah.

Pertama, negotiate (to) berarti ‘bernegosiasi’. Dalam beberapa negosiasi, hal yang paling bijaksana adalah menarik diri, mundur, atau membatalkan, yang di dalam bahasa Inggris disebut dengan back down (to). Kadang-kadang, kita harus memulai kembali sesuatu dari nol untuk menetapkan titik awal yang baik. Dalam hal itu, ungkapan yang tepat ialah go back to the drawing board (to).

Ketika para pihak yang terlibat dalam negosiasi dapat merekonsiliasi kepentingan masing-masing, saatnya untuk close a deal (to) ‘menyimpulkan kesepakatan’. Selain itu, bernegosiasi juga berarti menemukan solusi atas masalah atau iron something out (to) dalam bahasa Inggris. ‘Berputar-putar dalam mengatakan sesuatu’ dapat diterjemahkan dengan beat around the bush (to). Demikian pula, ‘langsung menuju ke titik sasaran’ dapat diterjemahkan dengan cut to the chase.

Bring up (to) untuk memulai percakapan atau subjek pembicaraan. Drag on (to) berarti ‘mengulur/menjadikan sesuatu berlangsung lama’. Jika Anda mendengar ungkapan at stake, jangan kaget, itu berarti ‘ada sesuatu yang dipertaruhkan: kalah atau menang’.

Berikut ini kosakata dan ungkapan yang biasa digunakan dalam negosiasi berbahasa Inggris.

  • Compromise (to) : ‘berkompromi’
  • Grant a special discount (to) : ‘memberi diskon khusus’
  • It’s a bargain : ‘murah’
  • It’s a steal : ‘diobral’
  • Haggle (to) : ‘menawar’
  • Final offer : ‘penawaran (ter)akhir’
  • Take it or leave it : ‘ambil atau tinggalkan’
  • Wrap up (to) : ‘menyimpulkan’
  • Make a deal (to) : ‘membuat kesepakatan’
  • Estimate : ‘perkiraan harga’
  • A bid : ‘sebuah penawaran’
  • Follow up (to) : ‘menindaklanjuti’
  • Read the fine print (to) : ‘memperhatikan dengan lebih dekat/detail’
  • Lay the cards on the table (to) : ‘berterus terang’
  • Work out a deal (to) : ‘menegosiasikan kesepakatan’
  • Sales pitch : ‘wacana komersial’
  • Selling point : ‘argumen penjualan’
  • Stalemate : ‘jalan buntu/kebuntuan’
  • Give and take : ‘(saling) memberi dan menerima’
  • Chase a customer (to) : ‘menghubungi kembali pelanggan’
  • Market price : ‘harga pasar’
  • Terms of payment : ‘ketentuan pembayaran’

3. Mengetahui cara bernegosiasi dengan baik berkat Business English

Seperti mungkin telah Anda perhatikan bahwa tidak ada yang sulit, tetapi Anda perlu belajar dengan mengikuti pelatihan. Oleh karena itu, kami menawarkan Business English yang merupakan pendukung pelatihan untuk membantu Anda memperoleh keterampilan yang diperlukan agar sukses bernegosiasi dalam bahasa Inggris.

Secara konkret, platform ini menawarkan tiga jalur pelatihan spesifik yang disesuaikan dengan tujuan Anda. Dengan demikian, Anda dapat memilih jalur keterampilan, jalur karier, atau jalur industri, hal itu bergantung pada bidang keahlian Anda.

Jalur keterampilan
Opsi ini mencakup aktivitas, seperti rapat/pertemuan, percakapan melalui telepon, manajemen proyek, penulisan dan mailing, penerimaan pelanggan dan pengorganisasian acara, perjalanan bisnis, perekrutan, manajemen interkultural, penjualan dan negosiasi.

Jalur karier
Pada jalur ini, Anda akan memiliki pilihan di antara berbagai sektor aktivitas, termasuk pemasaran, pembelian, pelayanan pelanggan, komunikasi, sumber daya manusia, perdagangan, dan manajemen.

Jalur industri
Alternatif lain, Anda hanya akan memilih industri yang diminati, seperti pariwisata, perbankan, logistik, dll.

Selain itu, kami menawarkan konten dengan bimbingan dan dengan situasi komunikasi yang terskenario. Secara konkret, Anda akan berhak mendapatkan 25 pelajaran dengan situasi komunikasi yang terskenario untuk imersi yang sempurna. Untuk menempatkan Anda dalam berbagai konteks, Anda akan mempelajari 500 situasi kehidupan profesional. Sepanjang pelatihan, Anda akan dibantu oleh para pengajar kami melalui video bimbingan.

Tidak hanya itu! Agar dapat memantau dan mengevaluasi kemajuan Anda dengan lebih baik, Anda akan mendapatkan koreksi terperinci untuk setiap pertanyaan dan penjangkaran memori (memorial anchoring). Pencapaian pada setiap akhir pelatihan dilambangkan dengan sertifikasi. Kami juga akan menawarkan kepada Anda kesempatan untuk membuat CV profesional dalam bahasa Inggris.

Kami memiliki program yang dirancang untuk tiga tingkat yang berbeda, yaitu tingkat pemula, menengah, dan lanjut. Sebelum memulai program, kami sarankan agar Anda melakukan tes untuk mengetahui tingkat kemahiran Anda. Dengan demikian, Anda akan mencapai kemajuan secara lebih optimal.

Latihan gratis